Sabtu 29 Jun 2019 06:18 WIB

Mengawal Janji Kampanye Jokowi-Amin

Elite politik dan pendukungnya diharapkan merajut kembali persatuan

Rep: dian erika/ronggo astungkoro/ idealisa masyrafina/andrian saputra/umi nur fadhilah/rizkyan adiyudha/febrianto adi saputra/ Red: Karta Raharja Ucu
Jokowi dan Ma'ruf di Situbondo. Calon Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) nomor urut 1 menyapa awak media saat datang di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/6).
Foto: Republika/Prayogi
Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno bersama para partai koalisi memberikan keterangan terkait putusan MK tentang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019 di Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (27/6).

Dijadwalkan Bertemu

Wakil Sekretaris TKN Verry Surya Hendrawan menyebut Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi dijadwalkan bertemu pada Ahad (30/6). Pertemuan keduanya akan dilakukan di gedung KPU.

"Insya Allah, keempat tokoh bangsa ini akan bertemu sama seperti saat pendaftaran capres dan cawapres di KPU," kata Verry. Menurut dia, Jokowi dan Prabowo secara personal telah menyampaikan keinginan untuk bertemu.

TKN mengajak semua pihak untuk terus membangun suasana yang kondusif sehingga pertemuan Jokowi dan Prabowo bersama wakil mereka dapat terlaksana. Ia juga mengimbau para pendukung tak mengeluarkan ujaran kebencian yang akan kontraproduktif terhadap rencana besar pertemuan dari kedua tokoh bangsa tersebut.

KPU akan menetapkan capres-cawapres terpilih Pilpres 2019 pada Ahad (30/6). KPU mengaku telah mengundang Prabowo-Sandi dan berharap keduanya bisa datang ke acara penetapan capres-cawapres terpilih.

photo
uru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade.

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade mengatakan, Prabowo akan menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi secara langsung. Pernyataannya itu untuk menjelaskan alasan mengapa Prabowo tak menyampaikan ucapan selamat kepada paslon 01 saat memberikan pernyataan untuk menanggapi putusan MK, kemarin malam.

Kendati demikian, ia mengaku belum mengetahui kapan pertemuan antara Prabowo dan Jokowi berlangsung. Hal yang pasti, kata dia, Prabowo menghormati putusan MK.

"Kita menghormati putusan MK. Kalau ucapan selamat, mungkin nanti disampaikan oleh Pak Prabowo," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement