Selasa 07 May 2019 20:58 WIB

UBSI Solo Gelar Seminar Nasional Digital Marketing UMKM

Teknologi digital dapat mendorong peningkatan dan perkembangan UMKM.

Suasana seminar nasional tentang digital marketing untuk UMKM yang digelar oleh  UBSI Kampus Solo.
Foto: Dok UBSI
Suasana seminar nasional tentang digital marketing untuk UMKM yang digelar oleh UBSI Kampus Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Solo  menggelar seminar  nasional yang bertemakan ‘Digital Marketing Untuk UMKM Era Industri 4.0’. Seminar  tersebut diselenggarakan di Hotel Swiss-Belin Saripetojo Solo, Jalan Slamet Riyadi nomor 437, Sondakan, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah,  Senin (29/4).

“Seminar ini menampilkan  nara sumber salah satu pakar teknologi,  yakni Prof  R  Eko Indrajit dan Produser TATV Herlambang Gilang. Seminar ini juga dihadiri oleh Staf Ahli Walikota Bidang Keuangan Dan Pembangunan Pemkot Surakarta,  Ir  Lilik Joko Saptyanto sebagai keynote speaker.” kata Bambang Eka Purnama selaku kepala kampus UBSI Solo dan sekaligus koordinator seminar seperti dikutip dalam rilis UBSI, Selasa (7/5).

Lilik mengungkapkan, walikota sangat mendorong peningkatan dan perkembangan UMKM dengan pemanfaatan teknologi digital. Walikota juga mengapresiasi UBSI Kampus Solo yang menggelar seminar ini.

“Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi UMKM yang ada di Solo untuk dapat mengembangkan usahanya,” jelas Lilik.

photo
Prof Eko Indrajit saat memaparkan materi di seminar nasional tentang digital marketing yang diadakan UBSI Kampus Solo.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Eko mememaparkan materi mengenai UMKM yang merupakan inkubasi bisnis masyarakat yang terbukti mampu bertahan saat krisis melanda Indonesia. Namun belum banyak UMKM yang memaksimalkan teknologi informasi untuk mem-branding produk unggulannya.

 “UMKM harus bangkit dan menembus pasar internasional karena teknologi saat ini sudah sangat mendukung. Berbagai fasilitas yang ada di internet bisa dimanfaatkan dengan gratis,” tambahnya.

Gilang mengatakan, untuk mendapatkan ide untuk memasarkan produk dengan pemanfaatan teknologi perlu adanya tim yang dapat membantu bertukar pemikiran dan ide,  serta memiliki visi dan misi yang sama. “Selain itu, tentunya dukungan akses internet yang memadai,” kata Gilang.

Bambang Eka Purnama mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak dan media yang telah mendukung Seminar Nasional UBSI Solo, sehingga dapat terselenggara dengan baik. Saya juga mengucapkan terima kasih atas antusiasme  yang ditunjukkan oleh para peserta. Semoga acara ini dapat membawa manfaat untuk peserta yang hadir dalam pengembangan usahanya,” tutur  Bambang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement