Ahad 03 Jun 2018 19:01 WIB

Habib Rizieq Komentari Capres-Cawapres 212

Rizieq Shihab direkomendasikan sebagai salah satu calon presiden 2019 - 2024.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Didi Purwadi
Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab. (ilustrasi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persaudaraan Alumni (PA) 212 menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Cibubur, Jakarta, Selasa (29/5) yang menghasilkan nama-nama rekomendasi capres-cawapres 2019. Pembina PA 212, Rizieq Shihab, mengapresiasi munculnya nama-nama tersebut.

Ketua Umum PA 212, Slamet Ma'arif dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Ahad (3/6) mengatakan Habib Rizieq menilai semua calon yang direkomendasikan tersebut bagus dan pantas memimpin negeri ini. ''Rizieq Shihab mengapresiasi terkait nama-nama rekomendasi capres dan cawapres yang dihasilkan dalam rakornas tersebut,'' kata Slamet.

Semua calon yang direkomendasikan itu akan diberikan kesempatan yang sama untuk memaparkan visi dan misinya serta komitmenya dalam memperjungkan Islam. Pemaparan visi misi akan dilakukan saat acara Ijtima Ulama pada Juli di Jakarta. Acara akan diadakan oleh GNPF Ulama bekerjasama dengan DPP FPI dan PA 212.

Rizieq pun mengamanahkan untuk terus mendorong agar terealisasinya deklarasi terbuka koalisi keumatan Gerinda, PAN, PKS dan PBB. Deklarasi keumatan perlu dilakukan sebelum deklarasi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Slamet mengatakan deklarasi keumatan perlu dilakukan demi menjaga persatuan umat Islam yang sudah terbangun dalam spirit 212. Apabila dapat tetap terjaga dengan baik, maka spirit keumatan ini akan berdampak pada kemenangan di Pilkada serentak 2018, Pileg dan Pilpres 2019.

Sebelumnya Rakornas PA 212 diketahui menghasilkan sejumlah rekomendasi capres dan cawapres 2019. Salah satu rekomendasinya adalah merekomendasikan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, sebagai calon presiden 2019 - 2024.

Selain Rizieq Shihab, dikutip dari surat hasil rekomendasi rakornas PA 212 yang ditandatangani Ketua Umum PA 212 Slamert Ma'arif dan Ketua Dewan Penasihat PA 212 Amien Rais, terdapat nama lainnya yang direkomendasikan sebagai bakal calon presiden antara lain Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto; Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi; Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra; dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan.

Selain nama bakal calon presiden, di dalam surat selebaran tersebut juga terdapat nama bakal calon wakil presiden yang direkomendasikan berdasarkan hasil rakornas PA 212, diantaranya Ahmad Heriyawan, Hidayat Nur Wahid, Yusril Ihza Mahendra, dan Anis Matta. Nama lainnya yakni Zulkifli Hasan, Eggi Sudjana, Bachtiar Nasir, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement