Selasa 08 May 2018 21:08 WIB

Cawalkot Bandung Ini Diadang Ibu-Ibu Saat Blusukan

Aries berjanji akan memperhatikan masukan dan keluhan warga

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bilal Ramadhan
Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung Yossi Irianto dan Aries Supriatna
Foto: Republika/Edi Yusuf
Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung Yossi Irianto dan Aries Supriatna

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Belasan ibu rumah tangga dan sejumlah Bapak-bapak nekat mengadang calon Wakil Walikota Bandung Aries Supriatna yang tengah melakukan kampanye blusukan di Kelurahan Pasteur, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Selasa (8/5). Mereka menyerbu ingin mengeluarkan keluh kesah dan curhatan kepada Aries.

Warga yang mayoritas perempuan berstatus ibu rumah tangga tersebut curhat berbagai hal. Mulai dari soal harga sembako yang terus naik, pendidikan, kesehatan, pembuatan KTP yang lama, sulitnya mencari lapangan pekerjaan bagi suami dan anak-anak mereka hingga mengeluhkan soal kemacetan lalu lintas dan banjir.

Seperti yang diungkapkan Heni (55), warga RT 04/1 Kelurahan Pasteur. Dia meminta Aries agar memudahkan layanan publik seperti pembuatan KTP dan Kartu Keluarga (KK).

"Saya sudah setahun setengah bikin KTP Elektronik. Tapi sampai sekarang belum selesai-selesai," kata Heni seperti dalam siaran persnya, Selasa (8/5).

Hal senada juga diungkapkan Ila (50). Warga RT 05/10 itu menyampaikan keluhan soal mahalnya biaya pendidikan. Ia meminta bila pasangan Yossi-Aries terpilih menjadi pemimpin Kota Bandung agar dapat menggratiskan biaya pendidikan.

Lain lagi dengan seorang ibu bernama Frika (35). Wanita itu mengeluhkan soal kemacetan di Kota Bandung yang semakin parah terutama setiap akhir pekan.

"Pak tolong atasi masalah kemacetan. Saya sebagai warga Bandung sudah tidak bisa menikmati Bandung yang nyaman karena setiap hari selalu macet. Di satu sisi bagus gencar sekali promosi wisata Bandung, tapi tolong perhatikan infrastrukturnya," tutur Frika.

Mendengar keluhan warga, Aries berjanji akan memperhatikan masukan dan keluhan warga tersebut. Menurutnya, apa yang menjadi keluhan ibu-ibu tersebut sudah ada dalam blueprint pembangunan Kota Bandung di bawah pasangan yang memiliki tagline Bandung Hebring tersebut.

"Apa yang disampaikan ibu-ibu tadi bukan hanya masalah ibu-ibu di sini saja, tapi ini masalah yang kita (warga Bandung) hadapi bersama. Kami sudah mengidentifikasi setiap persoalan dan menyiapkan solusinya. Jadi setiap masalah, kami sudah siapkan solusinya," tutur Aries seraya disambut tepuk tangan ibu-ibu.

Aries mencontohkan, bila pasangan Yossi-Aries terpilih maka pelayanan publik di Kota Bandung dijamin akan ringkas atau mudah, singkat dan murah. Ia berjanji akan membenahi pelayanan di kelurahan dan kecamatan yang masih belum baik.

"Sesuai motto kami, seluruh pelayanan kepada masyarakat harus ringkas dan cepat. Enggak ada ribet-ribet," kata Aries.

Aries juga menjanjikan bahwa seluruh anak di Kota Bandung harus menikmati pendidikan gratis namun berkualitas. Ia menjamin seluruh anak di Bandung akan dibebaskan dari berbagai pungutan biaya yang selama ini kerap memberatkan para orangtua.

"Mulai SD hingga SMP akan benar-benar gratis. Enggak ada lagi pungutan seperti beli buku, beli seragam, beli LKS dan lainnya. Gratis di sini benar-benar gratis. Anak tinggal sekolah saja. Semua ditanggung Pemkot Bandung," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement