Senin 30 Apr 2018 22:53 WIB

Satgas Citarum Temukan 19 Pabrik Buang Limbah ke Sungai

Titik pembuangan limbah berada di tempat-tempat tersembunyi.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andri Saubani
Satgas Citarum Harum menemukan pabrik yang membuang air limbah ke Sungai Cibaligo, Kota Cimahi, Kamis (19/4).
Foto: dok. Dansektor 21 Citarum Harum
Satgas Citarum Harum menemukan pabrik yang membuang air limbah ke Sungai Cibaligo, Kota Cimahi, Kamis (19/4).

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Satuan Petugas Citarum Harum sepanjang satu bulan terakhir berhasil menemukan pabrik-pabrik nakal yang membuang limbah secara langsung ke anak-anak sungai Citarum. Hingga saat ini, sebanyak 19 pabrik di berbagai daerah membuang limbahnya langsung ke sungai.

Komandan Sektor 21, Citarum Harum Kolonel Yosep Sudrajat mengatakan, pihaknya berhasil menemukan 19 pabrik yang membuang limbah langsung ke anak-anak Sungai Citarum. Keberadaan titik pembuangan limbah tersebut, dia mengatakan berada di tempat-tempat tersembunyi.

"19 pabrik yang diketahui membuang limbah langsung ke sungai. Semua tempat pembuangannya tersembunyi," ujarnya kepada Republika melalui pesan singkat, Senin (30/4).

Ia menuturkan, ke-19 pabrik tersebut diantaranya berada di Rancaekek, Kabupaten Bandung, serta sisanya di Kota Cimahi dan Lagadar, Kabupaten Bandung. Saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap pabrik pabrik yang membuang limbah langsung ke sungai.

Dirinya menambahkan, banyaknya pabrik yang membuang limbah ke sungai salah satunya karena faktor pengawasan dari pemerintah daerah yang sangat kurang. "Ya, kurang pengawasan kurang," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement