Senin 15 Jan 2018 12:27 WIB

Flyover Pancoran Resmi Dibuka Hari Ini

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Bilal Ramadhan
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengecek flyover Pancoran, Jakarta Selatan, Ahad (14/1). Lokasi ini akan diuji coba besok (15/1).
Foto: Republika/Sri Handayani
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengecek flyover Pancoran, Jakarta Selatan, Ahad (14/1). Lokasi ini akan diuji coba besok (15/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Flyover Pancoran mulai dibuka hari ini, Senin (15/1), untuk lalu lintas kendaraan baik roda empat maupun roda dua. Namun, untuk bus Transjakarta (Tj) tidak diizinkan melewati flyover yang baru saja rampung dibangun itu.

Kabid Gakkum Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, aturan terkait penggunaan flyover tersebut. "Open traffic pada Senin 15 Januari 2018 mulai pukul 06.00 WIB," ujar dia saat dikonfirmasi, Senin (15/1).

Ia mengatakan, kendaraan roda dua maupun roda empat dipersilahkan melintas fly over tersebut. Bus Tj tidak dibolehkan melintas lantaran memang lebar flyover yang hanya dibuka satu lajur saja.

Pantauan Republika.co.id, flyover Pancoran itu dijaga oleh petugas kepolisian, dan pada pukul 10.30 WIB jalan terlihat lancar. Pergerakan lalu lintas di simpang Pancoran dari arah Timur (cawang) ke Barat (Kuningan/Semanggi) dapat melalui flyover Pancoran.

"Untuk pergerakan lainnya, tidak mengalami perubahan. Rekayasa lalu lintas ini akan dilakukan evaluasi secara periodik," ujar Budiyanto.

Untuk diketahui, Dinas Bina Marga DKI Jakarta mengumumkan akan segera melakukan uji coba perlintasan atau open traffic Flyover Pancoran yang berlokasi di wilayah Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

"Awalnya, kami menargetkan uji coba open traffic itu bisa dilakukan pada akhir Desember 2017. Tapi masih ada yang harus dikerjakan. Rencananya, dalam waktu dekat ini, kira-kira pertengahan Januari 2018, kami akan melaksanakan uji coba open traffic flyover Pancoran," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Yusmada Faizal di Jakarta, Selasa (2/1).

Pada 2017, Dinas Bina Marga DKI Jakarta membangun sebanyak enam proyek infrastruktur berupa flyover dan underpass. Proyek-proyek itu terdiri dari Flyover Pancoran, Flyover Cipinang Lontar dan Flyover Bintaro Permai. Kemudian Underpass Mampang, Underpass Matraman dan Underpass Kartini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement