Selasa 19 Dec 2017 18:09 WIB

Emil Resmikan Taman yang Jadi Tempat Bermainnya Saat Kecil

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (kiri) memotret warga yang bermain di kolam dangkal di Taman Badak, Kota Bandung, Selasa (19/12).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (kiri) memotret warga yang bermain di kolam dangkal di Taman Badak, Kota Bandung, Selasa (19/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung kembali memberikan ruang publik terbaik kepada masyarakat. Kali ini, Pemkot Bandung meresmikan Taman Dewi Sartika dan Taman Badak yang direnovasi lebih menarik dan indah.

Saat ini, Taman yang berada di wilayah Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana sudah bisa dinikmati warga. Karena, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan dua taman tersebut, Selasa(19/12).

Menurut Ridwan Kamil, Taman Dewi Sartika dan Badak telah selesai direnovasi dengan menggunakan anggaran dari APBD 2017. Kedua taman tersebut, hadir lebih menarik dengan beragam fasilitas.

Di antaranya, permainan anak, taman bunga, kolam dangkal, serta beberapa kandang hewan dan menjadi Terminal Bandros. Di Taman Badak nantinya akan ada Rusa Tutul yang didatangkan dari Kebun Binatang Bandung.

"Taman ini tempat saya bermain. Saya pernah berenang di Taman Badak saat kelas 6 SD. Karena aneh di tengah kota ada kolam," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil usai meresmikan Taman Dewi Sartika dan Badak, Selasa(19/12).

Emil mengatakan, Taman Dewi Sartika dan Badak telah selesai direvonasi dengan memindahkan Patung Dewi Sartika. Serta, menambah beberapa fasilitas seperti taman bunga dan tempat bermain anak.

Patung Dewi Sartika direlokasi ke pintu gerbang sehingga saat masuk warga melihat dan bisa menghormati tokoh hebat perempuan Indonesia. "Selain itu ada juga kolam dangkal khas Kota Bandung, ada taman bunga juga dan kandang hewan," katanya.

Menurut Emil, selama kepemimpinannya menjadi Wali Kota Bandung telah berhasil membuat sekitar 30 taman publik serta 70 taman yabg berada di setiap RW. Sementara menurut Kepala Bagian Umum Setda Kota Bandung, Dadang Darmawan, Taman Dewi Sartika berdiri diatas lahan seluas 4.390 meter persegi dan Taman Badak berdiri di atas lahan seluas 870 meter persegi. Kedua taman ini direnovasi dengan menggunakan anggaran APBD kota Bandung sebesar Rp 3,1 miliar.

Dadang mengatakan, Taman Dewi Sartika dan Badak memiliki kelebihan dibandingkan taman lain yangbada di Kota Bandung. Selain memiliki lahan yang luas untuk bermain anak taman ini tersedia kolam air mancur, kolam air cetek (dangkal) dengan air yang bersih, taman bunga, serta taman hewan.

"Saat ini sudah ada beberapa hewan yang sudah sudah ada di dalam kandang seperti kelinci, burung, kalkun dan nantinya ada rusa tutul yang dihadirkan dari Yayasan Kebun Binatang Bandung," kata Dadang.

Ia mengatakan Taman Dewi Sartika dan Badak dapat dimanfaatkan warga secara gratis agar bisa berekreasi, bersosialisasi dan beredukasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement