Rabu 09 Aug 2017 20:10 WIB

Pemkot Depok Tata Jaringan Kabel Udara di Jalan Margonda

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Hazliansyah
kabel listrik (ilustrasi).
Foto: ist
kabel listrik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan menata jaringan kabel udara di Jalan Margonda. Secara bertahap sejak awal Agustus 2017 Pemkot Depok sudah mulai menurunkan sejumlah jaringan kabel udara.

"Nanti, Jalan Margonda sudah tidak ada lagi kabel-kabel yang membentang yang selama ini terlihat semrawut," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Manto di Balai Kota Depok, Rabu (9/8).

Diutarakan Manto, kabel-kabel yang sudah diturunkan itu kemudian diletakan dalam pipa-pipa di bawah permukaan tanah atau lebih dikenal dengan sistem ducting.

"Dengan sistem ducting ruas Jalan Margonda akan lebih tertata rapi, tidak ada lagi kabel membentang. Tidak ada lagi bongkar pasang. Tujuan lainnya, agar seluruh kabel baik saluran internet, maupun kabel lainnya akan terintegrasi menjadi satu dalam satu saluran," jelasnya.

Manto berharap sebelum tanggal 17 Agustus 2017 semua kabel di sepanjang Jalan Margonda sudah turun ke bawah tanah, kecuali kabel PLN yang baru akan diturunkan pada 2018.

"Diharapkan pada 2018, Jalan Margonda yang merupakan etalase Kota Depok dapat bebas dari kabel yang melintang di udara sehingga tidak lagi terlihat semerawut," harapnya.

Edy, seorang pengguna jalan menuturkan, selama ini kabel-kabel yang membentang di Jalan Margonda terlihat semerawut dan tak sedap dipandang.

"Memang sudah seharusnya di Jalan Margonda semua kabel sudah harus harus dibawah tanah," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement