Sabtu 05 Aug 2017 19:30 WIB

Rejang Lebong Kekurangan Tenaga Kesehatan

Kekurangan tenaga kesehatan. (Ilustrasi).
Foto: pixabay
Kekurangan tenaga kesehatan. (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, REJANG LEBONG -- Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan daerah itu masih kekurangan tenaga kesehatan. Ada 21 Puskesmas yang tersebar dalam 15 kecamatan yang membutuhkan tenaga medis.

Menurut keterangan Plt Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir D, tenaga kesehatan yang masih kurang adalah perawat dan dokter. "Saat ini ada dua Puskesmas yang mengalami kekurangan tenaga kesehatan, yakni Puskesmas Kepala Curup di Kecamatan Binduriang dan Puskesmas Kecamatan Sindang Dataran, keduanya merupakan Puskesmas rawat inap," katanya.

Puskesmas Kepala Curup membutuhkan tenaga dokter. Sedangkan Puskesmas Kecamatan Sindang Dataran kekurangan tenaga perawat.

Sejauh ini jumlah tenaga kesehatan yang bertugas di 21 Puskesmas jumlahnya masih terbatas. Sedangkan usulan untuk pengadaannya baik melalui CPNS maupun honorer sudah dilakukan, namun belum bisa dipenuhi. Ada tambahan tenaga kesehatan dengan status PTT dari pusat, namun jumlahnya sedikit.

Puskesmas rawat inap, kata Syamsir, sudah ada di enam kecamatan, yakni Puskesmas Kota Padang, Padang Ulak Tanding, Binduriang, Sindang Dataran, Bermani Ulu, dan Bermani Ulu Raya. Selain akan meningkatkan status 15 Puskesmas lainnya, dirinya akan menargetkan semuanya hingga tahun kedepan sudah terakreditasi.

Proses pemberian akreditasi ini baru dilakukan di Puskesmas Curup pada 2016 lalu. Sampai sekarang hasilnya belum keluar dari dari Kemenkes.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement