Senin 31 Jul 2017 23:03 WIB

Konawe Selatan Fokus Kembangkan Dua Destinasi Wisata

Ilustrasi
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Pemerintah Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga kini terus menggenjot destinasi wisata sesungguhnya mampu menarik perhatian para wisatawan baik lokal maupun mancanegar. Namun untuk saat ini fokus pada dua destinasi yakni Pulau Hari dan Permandian Air Terjun Moramo.

"Dalam rangka mendukung program pemerintah pusat dan daerah, pengembangan sektor wisata tahun ini kita fokus pada dua destinasi yang ada. Yakni permandian Air Terjun Moramo dan Pulau Hari," ujar Wakil Bupati Konsel, Arsalim di Kendari, Senin (31/7).

Hanya saja, kata dia obyek wisata yang terpendam di bumi Konawe Selatan itu belum sepenuhnya tersentuh dengan anggaran yang memadai untuk mendukung pengembangan destinasi wisata tersebut.

Untuk meyakinkan wisatawan, Pemkab Konsel melalui Dinas Pariwisata akan fokus pada program pengembangan wisata di dua destinasi yang telah ada itu.

Ia mengatakan, pengembangan destinasi wisata seperti Pulau Hari dan Permandian Air Terjun Moramo sejalan dengan Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) dan sejalan dengan hasil koordinasi bersama Sekretaris Kementerian Pariwisata RI.

Mantan ketua Bappeda itu mengakui jika pengembangan pariwisata agar lebih maju tak semudah membalikan telapak tangan. Namun, dibutuhkan kerjasama berbagai pihak. Baik oleh pemerintah itu sendiri, masyarakat, ataupun pihak swasta yang siap membantu pemda dalam mewujudkan pariwisata Konsel yang memiliki nilai jual kepada para wisatawan.

"Saat ini dari segi anggaran daerah untuk pengembangan pariwisata masih sangat terbatas. Olehnya, itu kami berupaya membangun kerjasama pihak kementerian pariwisata utamanya dalam mendukung anggaran pengembangan kepariwisataan," ujarnya.

Di 2017, pemerintah pusat telah memberikan bantuan anggaran melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp1,4 miliar. Alokasi anggaran tersebut sesuai petunjuk tekhnisnya diperuntukan pembangunan wisata kuliner di Kecamatan Ranomeeto," ujaranya.

Dan ke depan, pihak Dinas Pariwisata juga telah berencana untuk menggelar event internasional melalui event international fotographer guna mempromosikan nama daerah dilevel mancanegara. Hal tersebut dinilai sepadan mengingat Air Terjun Moramo dan Pulau Hari merupakan salah satu obyek wisata di Konsel yang memiliki nilai jual di mata wisatawan domestik dan mancanegara. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement