Sabtu 08 Jul 2017 07:03 WIB

Dua Program Layanan Publik Solo Masuk Nominasi Inovasi

Rep: Andrian Saputra/ Red: Hazliansyah .
Warga melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Warga melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Solo, Suwarta mengatakan ada dua program layanan publik di Kota Solo yang masuk nominasi untuk meraih penghargaan inovasi pelayanan publik terbaik pada Jambore Nasional Pelayanan Publik nanti.  

Program tersebut adalah Taman Cerdas dan Sistem pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) bagi warga dengan usia 17 tahun secara otomatis yang langsung diberikan melalui Pos ke masing-masing warga.

“Kedua program itu masuk dalam nominasi. Selain Taman Cerdas, pada pemberian e-KTP menjadi unik karena selain diberikan langsung sekaligus terdapat surat ucapan selamat ulang tahun dari Wali Kota kepada warga yang tepat menginjak usai 17 tahun,” kata Suwarta, Jumat (7/7) kemarin.

Dia menjelaskan, sebelumnya dua program tersebut bersaing dengan 3.000 program layanan publik di setiap instansi dan lembaga pemerintahan di seluruh Indonesia. Setelah penyaringan, dua program unggulan milik Pemkot Solo itu masuk pada 99 program layanan publik terbaik.

Pada Jamnas nanti, Suwarta optimis, dua program layanan publik di Solo itu masuk kategori 40 besar.

“Dengan dua program ini kami siap untuk menuju top 40,” katanya.

Pemerintah akan menggelar Jambore Nasional (Jamnas) Pelayanan Publik pada Agustus mendatang. Kegiatan tersebut merupakan program kerjasama tiga Kementerian yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan serta Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kegiatan diikuti oleh seluruh bidang pelayanan publik yang ada di instansi pemerintah daerah, BUMN, Polri dan lembaga atau instansi lainnya.  Jambore bertajuk Gerakan Revolusi Mental itu juga akan diikuti seluruh Kepala Daerah se-Indonesia.

Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Diah Natalisa mengatakan Jamnas akan berlangsung selama tiga hari mulai dari 25 Agustus 2017.

Pemerintah pusat menunjuk kota Solo sebagai tuan rumah pada penyelenggaraan Jamnas. Kegiatan akan berlangsung di dua lokasi yakni Balai Kota Solo dan Stadion Manahan. Presiden Joko Widodo rencananya akan membuka langsung kegiatan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement