Selasa 10 Sep 2024 16:01 WIB

Ditanya Soal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang, Gibran Jawab Begini

Gibran membantah MoU antara Pemkot Solo dan PT Shopee ada unsur gratifikasinya.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka buka suara terkait dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi oleh adiknya, Kaesang Pangarep. Gibran tak menjawab gamblang ketika ditanya soal polemik yang sempat ramai diperbincangkan warganet tersebut.

Dia hanya meminta untuk menanyakan langsung hal itu kepada ketua umum DPP PSI tersebut. "Ya tanyakan Kaesang," kata Gibran di Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/9/2024).

Baca Juga

Disinggung soal apakah jet pribadi tersebut masuk ke dalam nota kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan PT Shopee International Indonesia yang diteken beberapa waktu lalu, Gibran menampiknya. Menurut dia, MoU antara Pemkot Solo dan Shopee pada era ia menjabat wali kota Solo adalah perjanjian yang profesional.

"Gak ada kayak gitu. MoU nya itu profesional antara pemkot solo technopark sama Shopee gak ada yang kayak gitu (jet pribadi)," kata putra sulung Presiden Jokowi tersebut.

Sekali lagi Gibran menjelaskan, perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kota Solo yang ditandatangani Gibran dan PT Shopee International Indonesia bersifat profesional. Hal itu membantah jika ada gratifikasi di dalam kerja sama tersebut. "Gak ada, kita profesional gak ada yang seperti itu," katanya.

Dugaan penggunaan jet pribadi oleh Kaesang berawal dari unggahan istrinya Erina Gudono di Instagram saat bepergian ke Amerika Serikat (AS). Kala itu, Erina mengunggah foto jendela pesawat jet yang biaya sewanya terbilang sangat mahal.

Dari sana warganet pun ramai memperbincangkan soal dugaan gratifikasi dari penggunaan jet pribadi tersebut. Warganet mendesak KPK turun tangan mengusut dugaan gratifikasi yang didapatkan Kaesang dan Erina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement