Senin 12 Jun 2017 20:29 WIB

Djarot Jelaskan Penyebab Kemacetan Kawasan Pancoran

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ilham
Djarot Saiful Hidayat.
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Djarot Saiful Hidayat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, saat ini Jakarta masih mengalami kemacetan. Kemacetan tersebut disebabkan oleh pembangunan fly over dan underpass di kawasan Pancoran hingga Kuningan. "Itu terus ya dalam waktu dekat akan selesai," ujar Djarot di Balai Kota, Senin (12/6).

Sementara itu, Wakil Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan, kemacetan dari mulai ruas jalan Pancoran hingga Kuningan Jakarta Selatan pada Senin (12/6), merupakan dampak dari proses pembangunan underpass. Karena pembangunan tersebut, tiga jalur yang dilalui oleh kendaraan berkurang menjadi satu jalur.

"Otomatis kan arus yang ke arah sana mengalami perlambatan yang signifikan. Nah itu makanya kenapa kami mengimbau meskipun rekayasa lalin kita juga sudah dikerjakan, petugas juga sudah kami tempatkan tetapi sebenernya kalau masyarakat bisa memanfaatkan public transport akan jauh lebih baik ya," kata Sigit.

Sigit juga mengatakan, aksi mogok kerja karyawan kontrak PT Transportasi Jakarta (PT. Transjakarta) memberi pengaruh terhadap kemacetan di ruas jalan Pancoran hingga Kuningan. "Hari ini pun juga sempat terhenti sejenak pelayanan Transjakarta. Itu juga menjadi pengaruh yang menyebabkan antrean di wilayah Jakarta Selatan juga semakin tinggi meskipun tadi kan semua sentral di Harmoni," katanya.

Selain itu, Sigit mengatakan, pihaknya sudah memberikan antisipasi terkait kemacetan ini. Yakni, Dishub Pemprov Jakarta sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas bersama dengan jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya dan menempatkan petugas untuk membantu mengurai kemacetan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement