Rabu 26 Apr 2017 17:04 WIB

Anies Ingin Masukkan Programnya di APBD Perubahan 2017

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Bilal Ramadhan
Anies Baswedan
Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anies Baswedan hampir pasti akan menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta 2017-2022. Berbagai langkah mulai dilakukan sebagai persiapan sebelum menjabat pada Oktober mendatang. Salah satunya, terkait pelaksanaan program dalam janji kampanye yang diupayakan secepat mungkin terlaksana.

Anies mengatakan, saat ini telah dibentuk tim untuk memastikan transisi kepemimpinan dari Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ke dirinya berjalan lancar. Timnya kini tengah menggodok berbagai formula untuk memasukkan beberapa program yang mungkin bisa dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2017.

"Ada (rencana memasukkan program ke APBDP 2017), yang kita pertimbangkan untuk dieksekusi karena kita ada tiga bulan terakhir. Itu termasuk yang kita diskusikan," kata dia dikediamannya di Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (26/4).

Anies mengaku, saat ini dirinya beserta tim sedang mereview berbagai program yang dijanjikannya selama masa kampanye untuk dimasukkan di APBDP tahun ini. Dua hal yang menjadi pertimbangan utama adalah terkait implementasi dan skala pembiayaan. Ia mengaku, program dengan biaya besar akan diprioritaskan untuk dimasukkan di APBDP 2017.

"Kalau skalanya besar baru kita titipkan di APBDP. Kalau skalanya kecil sebetulnya dengan anggaran yang ada sekarang bisa dilakukan penyesuaian," ujar dia.

Namun, Anies enggan membeberkan isi tim itu. Dia mengatakan, tim itu akan diumumkan setelah ada keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI terkait gubernur terpilih. Dia merasa tak elok jika mengumumkan tim tersebut saat ini. Namun, mantan menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengaku, tim tersebut mulai bekerja.

APBDP 2017 rencananya akan disepakati antara Pemprov DKI dan DPRD Agustus mendatang. Cagub cawagub terpilih Anies-Sandi berupaya memasukkan program-programnya di APBDP untuk memastikan programnya dilaksanakan saat mulai menjabat Oktober mendatang.

Setidaknya, ada tiga bulan pertama saat menjabat sudah bisa menjalankan program sebelum memasuki tahun anggaran baru 2018. Pertemuan dengan Ahok sehari pascapemungutan suara salah satunya berbicara terkait hal tersebut.

Anies juga mengaku ingin bekerjasama dengan Pemprov DKI di era kepemimpinan Ahok membahas Rancangan APBD 2018 untuk memastikan program kerjanya bisa dijalankan di tahun 2018.

"Kami akan umumkan sebuah tim kecil yang akan bekerja untuk menerjemahkan dalam bentuk program dan bekerjasama dengan Pemda. Kemarin dengan Pak Basuki juga sudah dibicarakan, tapi kami masih menunggu," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement