Ahad 09 Apr 2017 12:46 WIB

Dua Jenazah Korban Longsor Ponorogo Ditemukan Hari ini

Rep: Binti Sholikah/ Red: Nur Aini
Tim SAR gabungan tengah mencari korban longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (6/4).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Tim SAR gabungan tengah mencari korban longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (6/4).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Tim SAR kembali menemukan dua jenazah korban longsor di Desa Banaran Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Ahad (9/4) pagi. Satu jenazah ditemukan tertimbun pohon mahoni di Sektor A sekitar pukul 08.46 WIB. Jenazah lainnya ditemukan sekitar pukul 09.40 WIB.

“Total hingga hari ini telah ditemukan sebanyak lima jenazah,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Benny Sampir Wanto, melalui keterangan resmi, Ahad (9/4).

Benny menjelaskan, tim SAR yang berjumlah total 1.250 personel terus bekerja mencari korban longsor di Ponorogo. Pencarian dilakukan di sektor-sektor yang telah ditetapkan. “Jadi masing-masing sektor mulai sektor A, B, C dan D, mengerahkan ratusan personel berusaha semaksimal mungkin melakukan penyisiran titik-titik yang diperkirakan ada korban,” ujarnya.

Selain mengerahkan personel, kata dia, pencarian korban longsor tersebut juga dibantu oleh anjing pelacak, atau Tim SAR Dog yang berjumlah 60 personel. Anjing pelacak dikerahkan untuk membantu menandai beberapa lokasi yang diperkirakan terdapat korban. Beberapa personel juga dikerahkan di beberapa posko seperti posko sektor induk, pos kesehatan, posko dapur lapangan, posko logistik, posko komunikasi, serta posko sarana dan prasarana.

“Tim SAR juga terus mengoptimalkan seluruh relawan untuk melakukan proses evakuasi, di antaranya dengan menempatkan keluarga korban di semua sektor, untuk menunjukkan titik-titik kemungkinan korban berada,” kata Benny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement