Jumat 07 Apr 2017 22:34 WIB

Hari Keenam Longsor Ponorogo, Tim SAR Hanya Temukan Bangkai Motor

Red: Nur Aini
Tim SAR gabungan tengah mencari korban longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (6/4).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Tim SAR gabungan tengah mencari korban longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (6/4).

REPUBLIKA.CO.ID, PONOROGO -- Tim SAR gabungan hanya menemukan satu unit bangkai sepeda motor yang terpendam material longsor saat melakukan operasi pencarian pada H+6 di sektor A, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (7/4).

"Untuk korban manusia tidak ada, hanya bangkai kendaraan bermotor. Mungkin milik salah satu korban," kata Koordinator Pencarian Sektor A Basarnas Jawa Timur Yoni Fariza di lokasi bencana tanah longsor.

Operasi pencarian pada H+6 sempat terganggu hujan yang beberapa kali mengguyur di lokasi bencana.

Namun tim SAR gabungan tetap melanjutkan operasi penyisiran dengan mengerahkan 11 alat berat jenis eksavator di tiga zona utama, yakni sektor A, B, dan C. Sementara di sektor D kegiatan SAR gabungan dilakukan secara manual dengan mengerahkan tim relawan untuk membuka alur air sungai yang mengalir dari sumber yang berada persis di bawah tebing Gunung Gede yang longsor. "Pencarian tetap kita lanjutkan karena kondisinya dinilai masih aman untuk para relawan yang terjun ke lokasi," katanya.

Yoni menegaskan upaya maksimal sudah dilakukan tim SAR yang ada di lokasi bencana. Namun sulitnya medan serta buruknya cuaca menjadi dan tebalnya material longsor membuat mereka tak bisa berbuat lebih guna mencari keberadaan 25 korban longsor yang kini belum ditemukan tersebut. "Kami juga berupaya untuk bisa secepatnya menemukan para korban, karena keluarga juga sudah menunggu," kata Yoni.

Hingga hari ke tujuh pascakejadian longsor atau H+6 operasi SAR dilakukan, sebanyak 11 unit eskavator serta 8 unit anjing pelacak diterjunkan untuk mencari keberadaan 25 korban yang belum ditemukan. "Kami berharap, besok ada hasil," kata Yoni.

Bencana tanah longsor menerjang pemukiman padat penduduk di Dusun Tangkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur pada Sabtu (1/4). Sebanyak 32 rumah rata dengan tanah, sedangkan 28 warga dinyatakan hilang. Dari hasil pencarian tiga orang berhasil ditemukan, yakni Katemi (70) dan Iwan Danang Suwandi (27), serta Sunadi (47). Ketiganya ditemukan di sektor C pada hari kedua dan ketiga pencarian.

Baca juga: Sleman Waspadai 7 Ancaman Bencana Alam

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement