Kamis 16 Mar 2017 22:04 WIB

Wakil Wali Kota Bandung Berduka KH Hasyim Muzadi Wafat ‬

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Angga Indrawan
 Keluarga dan kerabat hadir dalam proses pemakaman Almarhum KH. Hasyim Muzadi di komplek Pondok Pesantren Al-Hikam, Depok, Jabar, Kamis (16/3).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Keluarga dan kerabat hadir dalam proses pemakaman Almarhum KH. Hasyim Muzadi di komplek Pondok Pesantren Al-Hikam, Depok, Jabar, Kamis (16/3).

REPUBLIKA.CO.ID, ‪BANDUNG -- Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial mengungkapkan rasa bela sungkawa atas meninggalnya tokoh nasional KH Hasyim Muzadi. Ia mengaku sangat kehilangan ulama besar itu.

‪“Hari ini bangsa Indonesia kehilangan seorang ulama besar yang sangat luar biasa menurut saya. Saya merasa kehilangan seorang tokoh itu," ujar Oded, kepada wartawan Kamis (16/3) petang.

Menurut Oded, bukan hanya dirinya saja yang kehilangan tapi semua bangsa Indonesia pasti merasa kehilangan ulama sebesar almarhum. Menurutnya, KH Hasyim Muzadi adalah ulama yang sangat kharismatik. Pemikirannya dipandang sangat moderat dan nasionalis.

‪“Moderat itu dalam arti wasathiyah. Menurut Alquran, wasathiyah itu artinya proporsional,” kata Oded.

Menurutnya, ‬KH Hasyim Muzadi adalah ulama yang menyerukan kepada dunia bahwa umat Muslim di Indonesia adalah muslim yang moderat, kultural, dan mencintai nilai-nilai perdamaian. Di kancah internasional, ia terpilih menjadi satu dari 9 presiden World Conference on Religion for Peace. Hasyim dipilih karena perannya dalam pengembangan perdamaian baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Mudah-mudahan Allah SWT mengampuni segala dosa beliau dan Allah juga memberikan tempat yang setimpal, tempat terbaik di dalam kuburnya, dan menjadikan hamba Allah yang mendapatkan cinta dari Allah SWT,” kata Oded.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement