Jumat 13 Oct 2023 23:45 WIB

Sambangi Ponpes Al Hikam, Ganjar Kenang Sosok Kiai Hasyim Muzadi

Ia mengaku mendapatkan pesan dari pihak keluarga almarhum KH Hasyim Muzadi.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Bakal Calon Presiden RI, Ganjar Pranowo mengunjungi Ponpes Al Hikam di Kota Malang, Jumat (13/10/2023).
Foto: Republika/ Wilda Fizriyani
Bakal Calon Presiden RI, Ganjar Pranowo mengunjungi Ponpes Al Hikam di Kota Malang, Jumat (13/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI, Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke Ponpes Al Hikam, Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), Jumat (13/10/2023). Pada kesempatan ini, Ganjar juga turut melaksanakan shalat Jumat bersama dengan masyarakat dan para santri di masjid ponpes.

Ganjar menegaskan, kunjungan ke Ponpes Al Hikam sebenarnya sekadar silaturahmi saja. "Mbah Hasyim (almarhum Hasyim Muzadi dan pengasuh ponpes, Red) itu memberikan banyak ilmu kepada saya," kata Ganjar saat ditemui wartawan di halaman masjid Ponpes Al Hikam.

Baca Juga

Dia mengaku pernah bertemu dengan almarhum Hasyim Muzadi bersama Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah pada kegiatan naik haji 2012 lalu. Saat itu, almarhum diketahui berperan sebagai amirul haji yang banyak memberikan khutbah bermakna. 

Dari sejumlah pesan yang disampaikan almarhum, Ganjar teringat tentang indikator seseorang dinyatakan haji mabrur. "Jadi 'apa ukurannya kalau haji dikatakan mabrur? Ya kalau sepulang itu ada kesalahan sosial pada dirimu.' Itu menurut saya ilmu yang luar biasa supaya orang menjadi lebih baik," jelas pria yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) ini.

 

Pertemuan dan pesan itu membuat Ganjar merasa ada kedekatan dengan almarhum Hasyim Muzadi. Sebab itu, dia berusaha menjalin silaturahim dengan keluarga almarhum. Ia bersyukur setiap silaturahim selalu ada sesuatu yang membuat nilai-nilai persaudaraan menjadi lebih baik. 

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Al Hikam Kota Malang, Kyai Haji Mohammad Nafi menegaskan, kunjungan Ganjar Pranowo ke ponpesnya sekadar menjalin silaturahim. Tidak ada pembicaraan politik termasuk membahas nama bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang akan diusung. Kunjungan Ganjar diyakini sebagai caranya untuk 'mampir' sebelum mengikuti kegiatan lain. 

Adapun alasan lain mengapa Ponpes Al Hikam dipilih sebagai tempat kunjungan Ganjar, pria disapa Gus Nafi ini tidak mengetahui secara pasti. Dia baru diinformasikan pada Jumat (13/10/2023) pagi bahwa Ganjar berada di Malang. Kemudian dilaporkan juga bahwa Ganjar hendak mampir untuk sholat Jumat di ponpesnya.

Saat ditanyai apakah Ponpes Al Hikam mendukung Ganjar Pranowo, Gus Nafi menyatakan, semua putra-putri terbaik Indonesia selalu didoakan oleh pihaknya. Tidak ada kekhususan tertentu atas pihak-pihak yang berkunjung ke tempatnya. "Karena semua berkeinginan baik, berkhidmat untuk kebaikan kita semua, siapa yang tidak mendoakan," ungkapnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement