Jumat 13 Oct 2023 23:50 WIB

Temui Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan, Ganjar Komitmen Menjaga Kebangsaan

Keduanya pun mengajak semua pihak selalu menjaga situasi.

Diskusi Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan, O.Carm. Pertemuan keduanya berlangsung di Keuskupan Malang, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (13/10/2023).
Foto: Dok. Web
Diskusi Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan, O.Carm. Pertemuan keduanya berlangsung di Keuskupan Malang, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (13/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo bertemu dengan Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan, O.Carm. Pertemuan keduanya berlangsung di Keuskupan Malang, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (13/10/2023).

Ganjar tampak didampingi oleh Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, Ketua DPC PDIP Kota Malang I Made Riandiana Kartika dan beberapa pengurus PDIP Kota Malang.

Baca Juga

Ketika tiba, Ganjar langsung disambut oleh Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm bersama beberapa pengurus Keuskupan Malang. Ganjar diajak ke ruangan untuk berbincang-bincang. Setelah itu, Ganjar diajak untuk menyantap sarapan pagi oleh Mgr Henricus Pidyarto Gunawan.

Menu makanan yang disajikan oleh pihak Keuskupan Malang, yakni rawon, pecel, hingga nasi goreng. Ganjar memilih menu nasi goreng untuk disantap.

 

Setelahnya, Ganjar diajak oleh Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan untuk berkeliling melihat-lihat Gereja yang ada di lingkungan keuskupan Malang.

Menurut Ganjar, saat bertemu Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan banyak hal yang diperbincangkan. Salah satunya mengenai nilai-nilai kebangsaan yang harus tetap dijaga menjelang Pemilihan Umum (Pemilu).

“Kita bicara tentang nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai kemanusiaan. Apalagi menjelang Pemilu suka ada cerita-cerita yang tidak mengenakan, maka kita mesti menjaga bersama-sama,” kata Ganjar.

Perbincangan lainnya, kata Ganjar, yakni mengenai Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang selama mempunyai peran penting di dalam menjaga situasi untuk tetap kondusif.

Untuk itulah, keduanya pun mengajak semua pihak selalu menjaga situasi yang sudah tercipta, tanpa harus menyinggung perasaan antara satu dengan lainnya.

“Kita, yuk, jaga perasaan, jangan menyakiti orang karena soal agamanya, sukunya, golongannya, agar kita bisa merasakan sebagai sesama anak bangsa yang merdeka. Itu pesan-pesan menurut saya, diskusinya menarik,” kata Ganjar.

Sementara, Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan menyambut baik kunjungan persaudaraan yang dilakukan oleh Ganjar.

Dia mengakui dalam pertemuan singkat itu menbahas mengenai pentingnya menjaga persaudaraan antarumat beragama.

“Ya ini hanya kunjungan persaudaraan saja kami hanya menerima Bapak kebetulan ke Malang, lalu omong-omong sedikit tentang pentingnya persaudaraan itu,” tutur Mgr Henricus Pidyarto.

Lebih jauh, Mgr Henricus Pidyarto merasa senang karena Ganjar menyempatkan waktu untuk berkunjung guna bersilahturahmi dengan pengurus Keuskupan Malang. “Saya senang beliau berkunjung,” kata Mgr Henricus Pidyarto.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement