Kamis 23 Feb 2017 09:01 WIB

Wali Kota Minta Pembangunan Pasar Klewer Cepat Diselesaikan

Rep: Andrian Saputra/ Red: Angga Indrawan
Rudyatmo
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Rudyatmo

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Solo, F.X Hadi Rudyatmo kembali meminta pelaksana proyek pasar Klewer agar mempercepat penyelesaian pembangunan pasar Klewer. Dia mendesak agar PT Adhi Karya sudah menyelesaikan seluruh pekerjaannya akhir bulan ini.

"Maret kita fokus untuk penyerahan kunci kios ke pedagang, jadi akhir bulan ini harus selesai pengerjaannya, kemarin saya lihat belum beres," tutur Rudyatmo pada Rabu (22/2).

Meski bangunan fisik pasar Klewer sudah selesai, namun terdapat sejumlah masalah lain di mana Pemkot Solo meminta pelaksana proyek untuk menyelesaikannya. Di antaranya seperti memperbaiki jalan di sekitar pasar yang mengalami rusak akibat dilalui alat berat selama pembangunan berlangsung. Selain itu PT Adhi Karya diminta untuk segera mencari solusi akan genangan air yang berada di ruang bawah bangunan.

"Itu juga harus dikerjakan cepat, saya yakin sisa waktunya cukup," kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Subagyo menambahkan pihaknya telah berkomunikasi dengan pelaksana proyek untuk memperbaiki lantai pasar yang rusak akibat alat berat. Untuk penyerahan kunci pada pedagang, kata dia akan dilakukan usai semua perbaikan selesai dilakukan.

"Kunci kios kami akan serahkan akhir Maret kepada pedagang," kata dia.

 

Peresmian pasar Klewer rencananya akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada April mendatang. Diketahui proyek pembangunan pasar Klewer berasal dari kucuran dana pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan.

Proyek pembangunan pasar yang sempat mengalami kebakaran pada 2014 itu dikerjakan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, pemerintah mengucurkan dana Rp 61,8 miliar dan pada tahap kedua sebesar Rp 96 miliar. Kendati demikian dari pagu sesuai hasil lelang anggaran yang digunakan hanya Rp 81 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement