REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Masyarakat kini tak usah repot-repot bayar rekening air datang ke tempat pembayaran rekening air. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta kini menerapkan teknologi e-payment atau Payment Point Online Banking (PPOB) untuk proses pembayaran yang lebih mudah dan efisien bagi masyarakat Depok.
Direktur Umum PDAM Tirta Asata Kota Depok Sulaiman mengatakan, penerapan teknologi bayar online atau e-payment bertujuan untuk mempermudah masyarakat sehingga tidak perlu lagi bayar air ke kantor PDAM. "Sistem ini selain mempermudah pelanggan juga menghemat biaya dan waktu," ujar Sulaiman, Ahad (12/2).
Sulaiman menjelaskan pihaknya juga telah mengajak kerjasama terhadap bank nasional maupun bank swasta untuk program ini. "Kami sudah bekerja sama dengan beberapa bank, antara lain, bank BUMN dan beberapa bank swasta," terangnya.
Bukan hanya itu, PDAM juga bekerja sama dengan beberapa supermarket. Jadi, masyarakat bisa membayar rekening air hanya dengan melalui ATM, SMS banking, Outlet PPOB, dan beberapa supermarket terdekat. "Terobosan ini dilakukan demi efisiensi waktu dan biaya transportasi. Di sisi PDAM, ada efisiensi tenaga kerja dan biaya pencetakan rekening," kata Sulaiman.
Menurut Sulaiman, berdasarkan data PDAM Tirta Asasta Kota Depok, ada sekitar 42 persen pelanggan telah beralih dari sistem pembayaran manual ke sistem e-payment atau PPOB. "Kami juga mengimbau agar masyarakat segera mencoba fasilitas baru pelayanan pembayaran rekening air tersebut," kata dia.