Kamis 19 Jan 2017 12:29 WIB

Petugas Damkar Kewalahan Jinakkan Kebakaran Pasar Senen

Rep: Ahmad Islamy Jamil/Lintar Satria Zulfikar/ Red: Nur Aini
Suasana kebakaran Pasar Senen,Kamis (19/1).
Foto: Republika/Prayogi
Suasana kebakaran Pasar Senen,Kamis (19/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puluhan petugas pemadam kebakaran (Damkar) masih terus berusaha memadamkan api yang melalap Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (19/1) siang.

Berdasarkan pantauan, si jago merah tampak masih berkobar di sisi selatan lantai dua Blok I dan II pusat perbelanjaan tersebut. Api yang mulai membakar bangunan sejak pukul 4.00 WIB tersebut belum sepenuhnya berhasil dipadamkan sampai pukul 12.00 WIB.

Salah satu saksi mata, Syafrudin (58 tahun) mengatakan, api yang berkobar di sisi selatan lantai dua Blok I dan II Pasar Senen di sebelumnya tidak terlihat oleh para petugas Damkar, lantaran tertutup oleh dinding bangunan pasar yang dilapisi dengan kaca hitam. Beberapa warga yang mengetahui kebakaran masih terjadi di dalam bangunan tersebut akhirnya mencoba memecahkan kaca penutup itu dengan menggunakan batu.

"Setelah kaca itu pecah, baru kelihatan apinya ternyata masih menyala besar di dalam sana," ujar Syafrudin yang ditemui Republika.co.id di lokasi, Kamis (19/1).

Dia menuturkan, ada ratusan kios di lantai dua Blok I dan II Pasar Senen yang hangus dilalap si jago merah. Kios-kios yang hangus itu umumnya terdiri dari toko jasa sablon, toko perlengkapan TNI, dan toko pakaian.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Provinsi DKI telah mengerahkan 45 unit mobil Damkar ke lokasi kejadian. Namun, para petugas Damkar tampaknya masih kesulitan menjinakkan api yang masih saja melahap bangunan pasar tanpa ampun.

Kebakaran yang terjadi di Pasar Senen kali ini menjadi tontonan ribuan warga dan pengguna jalan yang melintas di kawasan tersebut. Aparat kepolisian pun tampak sibuk mengatur arus lalu lintas di sekitar lokasi kejadian. Akses jalan menuju Stasiun Pasar Senen (Jl Letjend Suprapto) pun ditutup untuk sementara waktu.

(Baca Juga: Kebakaran Pasar Senen Hanguskan 500 Kios)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement