Rabu 04 Jan 2017 09:16 WIB

Kali Bekasi Tercemar Limbah, Produksi Air Bersih PDAM Terganggu

Rep: Kabul Astuti/ Red: Teguh Firmansyah
PDAM
Foto: dok. Istimewa
PDAM

REPUBLIKA.CO.ID,   BEKASI -- Kali Bekasi yang berhulu di Kali Cikeas Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengalami pencemaran limbah pabrik. Pencemaran limbah di Kali Bekasi menyebabkan produksi air bersih di PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi terganggu. Air berwarna kekuningan dan bau anyir.

Kepala Bagian Humas PDAM Tirta Patriot, Uci Indrawijaya, mengatakan sumber air baku PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi berasal dari aliran Sungai Tarum Barat Jasa Tirta II dan Kali Bekasi yang berada di lokasi titik pertemuan di pintu air besar Jalan Mayor Hasibuan Bekasi Timur. Pencemaran di hulu Kali Bekasi di Kab Bogor sangat memungkinkan terjadinya gangguan produksi air bersih.

Limbah diketahui mulai mengalir ke Kali Bekasi pada Jumat (30/12) malam. "Jumat (30/12) malam sampai Sabtu (31/12) pagi limbah datang. Air mulai tercemar, sampai Sabtu jam 12.00 siang di lab masuk kadar B3 tinggi. Dalam proses produksi tersebut banyak zat B3 yang sangat berat sehingga tidak bisa dilakukan pengolahan," tutur Uci Indrawijaya, Selasa (3/1) sore.

Uci mengatakan, kadar pencemaran air baku oleh limbah diketahui lewat uji laboratorium Sabtu (31/12) pukul 12.00 WIB dengan beberapa unsur kimia B3 terdiri dari Mangan 0,942, besi 1,28, nitrit 0,046, nit amonia 1,68, dan curver/tembaga 0,52. Air yang mengandung B3 ini mengeluarkan bau anyir yang tidak sedap.

Pada Ahad (1/1) terjadi penurunan limbah, tapi tidak signifikan dan masih tidak memenuhi syarat proses produksi. Kadar pencemaran terlalu tinggi sehingga tidak sesuai dengan ketentuan Permenkes No 416/Menkes/Per/IX/1990 tentang Standar Air Bersih dan Permenkes No. 416/Permenkes/Per/IV/2010 tentang standar air minum.

Uci mengungkapkan pencemaran limbah di Kali Bekasi ini menyebabkan produksi air bersih PDAM Tirta Patriot terganggu hampir seratus persen sejak 31 Desember 2016. Proses produksi tidak bisa dilakukan dengan maksimal, lantaran air yang tercemar limbah berbau dan keruh.

Kendati demikian, Uci mengatakan, produksi air bersih tetap berjalan dan tidak dihentikan oleh PDAM Tirta Patriot karena berkaitan dengan pelayanan masyarakat. Sempat dilakukan penambahan zat Sodium Hipo Kloroid, namun proses fisika yang tidak sempurna membuat air berwarna kekuningan seperti dikeluhkan para pelanggan.

Terhitung Selasa (3/1), PDAM Tirta Patriot akhirnya menutup suplai sumber air baku dari Kali Bekasi, kemudian mengalihkan ke sumber air Perum Jasa Tirta II dari sodetan Palanta di belakang Islamic Center KH Noer Ali Kota Bekasi yang tidak tercemar Kali Bekasi.

Baca juga,  Sumber Air Baku PDAM Bekasi Tercemar Limbah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement