Jumat 09 Dec 2016 14:56 WIB

Ahok Tuding akan Ada Oknum Curangi Pemungutan Suara

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Esthi Maharani
Pekerja mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan suara TPS dalam pemilihan kepada daerah (Pilkada) serentak, di Gedung Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Selasa (7/4).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pekerja mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan suara TPS dalam pemilihan kepada daerah (Pilkada) serentak, di Gedung Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Selasa (7/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengimbau kepada para pendukungnya untuk memvideokan penghitungan suara saat Pemilukada, Februari nanti.

"Videoin nanti pas penghitungan di TPS untuk menghindari kecurangan," tegas Ahok di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/12).

Sebelumnya, Ahok berencana akan menggugat oknum tertentu yang mempersulit warga DKI Jakarta, untuk terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hal tersebut ia ungkapkan setelah tim pemenangan Ahok-Djarot  pada Kamis (8/12) menemukan sebanyak 78 orang warga pemilik KTP yang datang di Rumah Lembang terancam tidak bisa memilih pada Pemilukada,  Februari nanti.

"Kami akan gugat, misal ada oknum yang menahan, misal ada masyarakat terdaftar, rumah ditempelin, dia udah dapet surat terima terdftar, di cek di KPU gak ada," ujar Ahok di Rumah Lembang, Menteng Jakarta Pusat, Kamis (8/12).

Dalam kesempatan tersebut, pejawat itu juga menuding adanya kemungkinan oknum yang bermain curang. "Artinya mungkin ada oknum RT atau siapa yang menghilangkan datanya. Nah, kami sudah telusuri sudah dapat datanya, bagus nih tiap hari begini," ucap Ahok.

Setelah mendapat berbagai data yang valid, tim pemenangannya, akan langsung mengajukan gugatan kepada Panwaslu. Karena, kasus penghilangan DPT ini pernah ia alami juga saat mencalonkan diri menjadi Cagub Bangka Belitung.

"Inikan pola ini sebetulnya sudah pernah terjadi oleh oknum-oknum sejak tahun 2007. Saya sudah pernah bawa kasus ini ke Mahkamah Agung. jadi pola yang sama mungkin terulang oleh oknum oknum tertentu," jelasnya.

Mantan Bupati Belitung Timur itu pun mengklaim sudah memiliki pasukan khusus yang mengawasi  KPU secara langsung dalam merekapitulasi DPT di setiap wilayah. "Kami punya orang partai banyak," kata dia.

Lebih lanjut, Ahok dan tim kampanye juga akan membuat video saat perhitungan suara di Pilkada DKI 2017. "Seperti film-film pendek seperti saya lakukan di Belitung juga, jadi untuk menghindari kecurangan orang kami akan buat video perhitungan suara," tambahnya.

Menurutnya, bila rekapitulasi data tidak segera diperbaiki sama saja telah menciderai demokrasi. "Kalau ini tidak diperbaiki bersama , demokrasi kita diciderai orang-orang yang bermain curang. Makanya saya ingin semua orang harus terbuka transparan. Toh, pas tahun 2007 saya sudah pernah bawa ke MA, lengkap, kecurangan-kecurangan semua," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement