Kamis 16 Jun 2016 08:40 WIB

Jalan Tol Cigatas Jawa Barat akan Tersambung Hingga Yogyakarta

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nur Aini
Pembangunan Jalan Tol (Ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Pembangunan Jalan Tol (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Rencana pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas), tak hanya akan disambungkan hingga Ciamis, Banjar, dan Pangandaran. Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya atau Tol Cigatas diproyeksikan akan tersambung jaringan Jalan Tol di daerah Cilacap, Jawa Tengah hingga ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

Iwa mengatakan, hal tersebut muncul dari hasil rapat koordinasi antara BPJT, Kementerian PUPR dan Bina Marga Jabar. Salah satu kesimpulan sementara, Jalan Tol Cigatas ini Akan langsung ke Ciamis, Banjar, dengan panjang total sekitar 100 km.

"Ini merupakan program lanjutan nantinya Banjar, Cilacap sampai ke Yogyakarta," ujar Iwa Karniwa, kepada wartawan di Bandung, Rabu (15/6).

Iwa mengatakan, saat ini ada tiga alternatif trase sementara untuk Tol Cigatas yang akan dibahas oleh PT Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat.

Jadi, kata dia, masing-masing trase itu, mempunyai kekurangan dan kelebihan yang mana akan di bahas di tingkat teknis. "Dan kemarin Kepala BPJT menujuk staf-nya. Untuk melakukan pendetailan terhadap tiga alternatif tersebut sampai kepada titik ordinat trase," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement