Sabtu 04 Jun 2016 23:27 WIB

TNI Bantu Bangun Rumah Korban Gempa Sumbar

Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO -- Belasan personel TNI dari Komando Rayon Militer (Koramil) 423-01 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu bergotong-royong membangun beberapa rumah warga setempat yang rusak berat akibat gempa bumi berkekuatan 6,5 SR di Pesisir Selatan Provinsi Sumbar.

Komandan Koramil 423-01 Mukomuko Kapten Inf Ramelan, mengatakan kegiatan gotong-royong ini merupakan bagian dari kepedulian TNI terhadap warga setempat yang rumahnya rusak berat akibat gempa bumi di Sumbar. Ia menjelaskan, belasan personelnya dibantu pemilik rumah bergotong-royong membersihkan semua material bangunan rumah warga yang roboh akibat gempa bumi tersebut.

"Kita singkirkan semua material bangunan. Lalu melepaskan sebagian batu bata yang masih menempel di dinding rumah agar tidak menimpa pemilik rumah," katanya di Mukomuko, Sabtu (4/6).

TnNI, kata dia, sifatnya tidak membangun kembali rumah yang rusak berat tersebut. Tetapi sebatas merehab ringan sehingga rumah bisa ditempati pemiliknya.

Ia menargetkan, kegiatan rehabilitasi bangunan rumah rusak berat itu paling lama dua pekan. "Dinding yang rusak itu kita ganti dengan material lainnya agar rumah itu bisa segera ditempati oleh pemiliknya," ujarnya. Karena itu, TNI memberikan bantuan tenaga untuk merehab bangunan rumah warga yang rusak berat yang tidak bisa ditempati pemiliknya.

(Baca Juga: Gempa 5,3 SR Guncang Mentawai)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement