Selasa 10 May 2016 11:06 WIB

10 Ribu Lampu akan Terangi Lorong di Makassar

Salah satu lorong yang asri di Kota Makassar
Foto: Andi Nur Aminah
Salah satu lorong yang asri di Kota Makassar

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Salah satu program Pemerintah Kota Makassar saat ini yakni Singarana Lorongta, yang artinya menerangi lorong. Program ini juga dipekenalkan secara luas kepada masyarakat pada Makassar City Expo 2016.

"Singarana Lorongta salah satu program bidang infrastruktur ketenagalistrikan. Program ini juga menerangi MC Expo 2016 dengan 64 titik lampu," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Selasa (10/5).

Dia mengatakan, Singarana Lorongta sudah mulai dijalankan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) dengan bersinergi pada 14 kecamatan serta 143 kelurahan. Sejak diprogramkan pada 2014, dia mengatakan, Dinas PU bersama 14 kecamatan telah memasang lampu di 800 titik. Tahun ini pun, wali kota kembali mencanangkan program itu sebagai tahun infrastruktur dan penghijauan.

Danny Pomanto, sapaan akrab wali kota menyebutkan, ada 10 ribu titik lampu Singarana Lorongta yang akan dipasang di 14 kecamatan se-Kota Makassar. "Kita akan buat lorong-lorong di kota ini menjadi terang. Insya Allah, tahun ini kita juga melanjutkan dan pasang 10 ribu lampunya," katanya.

Kepala Seksi Pemeliharaan Jaringan Lampu Jalan Dinas PU kota Makassar, Hajar Aswad mengatakan, ada tiga bola lampu yang terpasang pada setiap tiang Singarana Lorongta. "Jadi setiap titik itu ada satu lampu utama jenis LED 10 Watt dan dua lampu aksesoris jenis aklirid 5 Watt," terangnya.

Lampu Singarana Lorongta yang terpasang di Makassar City (MC) Expo 2016 merupakan prototipe yang akan dipasang di 14 kecamatan sekota Makassar. Tinggi tiang lampu mencapai 3,5 meter dengan desain multi fungsi. Selain untuk penerangan juga dapat difungsikan sebagai wadah pot bunga gantung. Sementara tiang kecil di bagian tengah dapat dimanfaatkan sebagai tiang bendera.

Salah seorang pengunjung MC Expo 2016, Alimuddin (23) karyawan Bank Syariah Mandiri Makassar menyampaikan Singarana Lorongta sangat bermanfaat bagi masyarakat, "Sebagian besar lorong di Makassar kurang pencahayaan. Adanya Singarana Lorongta bisa memperindah lorong dan mengurangi risiko kejahatan," ujar Ali yang juga berdomisili di lorong.

Harapan Ali sejalan dengan tujuan program 10 ribu Singarana Lorongta yang dicanangkan Wali Kota Makassar.

"Masalah sosial itu banyak terdapat di lorong-lorong. Kalau lorong-lorong kita terang, insya Allah bisa mengurangi masalah sosial yang ada," ungkap Danny.

MC Expo 2016 sebagai digelar untuk memperingati dua tahun kepemimpinan Danny-Ical di Makassar. Ajang ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban visual pemerintahan Danny-Ical terhadap amanah penggunaan anggaran selama dua tahun memimpin Makassar.

Event MC Expo 2016 digelar selama tiga hari terhitung sejak 8 hingga 11 Mei 2016 di anjungan Pantai Losari. Acara ini yang menampilkan capaian program pemerintah kota Makassar melalui 54 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), lima Perusda dan 14 kecamatan.

Beragam kegiatan mewarnai MC Expo 2016.  Di antaranya pameran hasil lomba fotografi Dua Tahun DIA, lomba garden iconic, zikir akbar bersama Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf dan berbagai pertunjukan seni yang menghibur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement