Rabu 06 Apr 2016 14:28 WIB

Jokowi Resmikan Lima Pelabuhan di Maluku

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Joko Widodo
Foto: Reuters/Darren Whiteside
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan lima pelabuhan di Maluku. Kelima pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Tobelo, Pelabuhan Galela, Pelabuhan Tutu Kembong, Pelabuhan Wonreli, dan Pelabuhan Pulau Teor.

Presiden mengatakan peresmian lima pelabuhan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk terus mendorong program tol laut yang sudah berjalan sejak 2015.

Tol laut yang merupakan program untuk menyediakan kapal berjadwal antar pulau, bertujuan untuk mengurangi tingginya  disparitas harga antara di Indonesia Timur dengan Indonesia Barat.

"Pelabuhan-pelabuhan di pulau-pulau harus dikerjakan. Menteri tanya, duit dari mana? Itu urusan saya, ya, duit dicarikan," ujar Jokowi di Pelabuhan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Rabu (6/4).

 

Jokowi melanjutkan, pembangunan infrastruktur pelabuhan bertujuan untuk menghubungkan antar pulau, antar provinsi,  antar kabupaten di seluruh Indonesia.

Program tol laut yang sudah terlaksana sejak tahun lalu, menyediakan tiga buah kapal yang secara reguler singgah di pelabuhan-pelabuhan besar dan akan ditambah lagi frekuensinya pada tahun ini. Menurutnya, Indonesia sudah sepatutnya memperhatikan pembangunan pelabuhan serta transportasi laut.

‎"2/3 wilayah Indonesia merupakan peraira, sedangkan 1/3 merupakan daratan.  Zaman dulu Majapahit besar karena memperhatikan laut, Sriwijaya juga besar karena tidak memunggungi laut," katanya.

Sementara ‎Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, kapal tol laut akan mulai singgah di Pelabuhan Tobelo pada akhir April. "Ukuran kapalnya juga besar untuk sekali pelayaran," kata Jonan. ‎

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement