Selasa 29 Mar 2016 23:04 WIB

Puluhan Aparat Polisi dan TNI Masih Berjaga di Mesuji

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Karta Raharja Ucu
Anggota Polisi/ilustrasi
Foto: ist
Anggota Polisi/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pascabentrok antarkelompok warga, puluhan aparat polisi dan TNI masih bersiaga di lokasi bentrok kawasan hutan negara Register 45, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji, Lampung, terjadi lagi, Selasa (29/3). Meski kondisi keamanan sudah kondusif, namun petugas tidak mau kecolongan jika ada serangan susulan kelompok warga yang bertikai.

Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Sulistyaningsih, mengatakan polisi dibantu aparat TNI tetap berada di lokasi bentrok untuk menjaga keamanan dan ketertiban warga pascabentrok, yang menimbulkan luka parah di kedua belah pihak. “Polisi dan TNI masih berada di lokasi,” katanya.

Ia mengatakan kehadiran aparat di lokasi untuk menentramkan warga yang mengungsi dan warga yang beraktivitas. Warga yang mengungsi sebagian sudah kembali ke rumah masing-masing, namun warga lainnya masih mengungsi menunggu sampai kondisi keamanan benar-benar terjaga.

Bentrok antarkelompok warga terjadi Ahad (27/3) lalu. Aksi saling menyerang kedua pihak yakni kelompok Madsah dan Balian, tidak menimbulkan korban jiwa, namun beberapa warga terkena luka senjata tajam.

Warga yang berdiam di lokasi tersebut, banyak yang mengungsi ke daerah lain yang lebih aman. Dua kelompok bertikai yakni Kelompok Madsah berasal dari Kecamatan Pematang Panggang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, dengan Kelompok Balian, warga yang mendiami kawasan hutan Register 45 Mesuji.

Kelompok Madsah mendatangi perkampungam kelompok Balian. Madsah membawa sekitar 30 orang. Tidak ada kompromi kedua kelompok bertikai, empat orang luka dari kedua kelompok, sedangkan warga lain yang tidak tahu menahu langsung meninggal lokasi bentrok.

Puluhan aparat dari Kodim 0426 Tulangbawang dan dibantu Korem 043 Garuda Hitam terus melakukan pemantauan di kawasan hutan Register 45 Mesuji, Selasa (29/3). Menurut Komandan Kodim 0426 Tuba, Letkol Inf Endar Setyanto mengatakan, aparat ditempatkan di sejumlah titik rawan bentrok.

Ia mengatakan pihaknya terus memantau pergerakan massa baik dari OKI Sumatera Selatan maupun dari kawasan Register 45 Mesuji. Menurut dia, kondisi keamanan di Register 45 Mesuji relatif aman dan kondusif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement