Sabtu 26 Mar 2016 22:58 WIB

Pembakaran Rutan Malabero, Lapas di Curup Tingkatkan Pengamanan

Lapas (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO
Lapas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, REJANGLEBONG -- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II-A Curup Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, memperketat pengamanan pascapembakaran rumah tahanan negara Malabero Bengkulu.

Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas kelas II-A Curup, Hastono di Rejanglebong, Sabtu, menjelaskan peningkatan pengamanan di Lapas daerah itu guna mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan setelah kasus kerusuhan dan pembakaran Rutan Malabero Bengkulu, Jumat (25/3), yang mengakibatkan lima napi meninggal dunia akibat terbakar.

"Saat ini kami sudah meningkatkan kewaspadaan dan selalu siaga serta terus melakukan koordinasi dengan pihak Polres Rejanglebong. Saat ini status di Lapas kelas II-A Curup masih siaga I, kendati demikian situasi disini masih kondusif dan mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa," katanya.

Guna mencegah kemungkinan terjadinya peristiwa seperti di Rutan Malabero, pihaknya selain meningkatkan pengamanan dan koordinasi dengan Polres Rejanglebong juga melakukan pendekatan dan pembinaan kepada warga binaan yang sedang menjalani hukuman di Lapas setempat melalui berbagai penyuluhan dan kegiatan rohoni berupa pengajian keagamaan.

Untuk pengamanan di Lapas kelas II-A Curup tambah dia, saat ini mereka mengerahkan 28 petugas Polisi Khusus Lapas (Polsuspas) yang terbagi menjadi empat regu yang per regunya beranggotakan tujuh orang ditambah delapan petugas staf Lapas. Penjagaan ini setiap harinya terbagi menjadi tiga shift jaga atau per delapan sekali.

Masing-masing regu yang bertugas itu ditempatkan di dua pos jaga atas, kemudian di dua pintu masuk dan pos jaga bagian dalam blok. Jumlah dinilainya masih kurang.

Idealnya Lapas sebesar itu dijaga oleh petugas per regu minimal beranggotakan 12 orang, mengingat jumlah penghuni Lapas kelas II-A Curup saat ini mencapai 599 orang terdiri dari 461 napi dan 138 tahanan titipan kejaksaan dan kepolisian.

Sementara itu Kabag Ops Polres Rejanglebong Kompol Rudi S, bersama dengan Kasat Intelkam AKP Risdianta saat melakukan koordinasi pengamanan Lapas Kelas II-A Curup menambahkan Polres Rejanglebong akan memback-up pengamanan serta melakukan upaya pembinaan maupun razia bersama dengan petugas Lapas daerah itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement