Kamis 03 Mar 2016 00:01 WIB

Daftar Kegaduhan Kabinet Kerja yang Buat Jokowi tak Senang

Rep: Amri Amirullah/ Red: Ilham
Jokowi
Foto:
Kabinet Kerja era Jokowi-JK.

2. Kegaduhan kembali terjadi sepekan berikutnya antara Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menko Maritim Rizal Ramli terkait proyek pembangkit listrik 35 ribu watt. Perbedaan pendapat keduanya mencuat di publik. Wapres Jusuf Kalla menegaskan pembangunan pembangkit 35 ribu watt ini penting dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan pasokan listrik jangka panjang.

Namun, menurut Rizal Ramli, proyek pembangkit listrik 35.000 megawatt (MW) tidak masuk akal. JK pun meminta Rizal mempelajari terlebih dahulu persoalan sebelum berbicara di publik. JK bahkan menyebut, kalau menteri kurang akal, pasti tidak paham persoalan ini.

Pernyataan JK ini pun semakin memperuncing perbedaan keduanya. Nmaun, berakhir pada tidak hadirnya Rizal dalam rapat terbatas Wapres dengan jajaran kabinet.

3. Menko Maritim Rizal Ramli kembali berseteru, kali ini dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said terkait perpanjangan kontrak Freeport pada Oktober 2015. Kegaduhan antara Rizal dan Sudirman tidak terlepas dari kasus papa minta saham yang mencuat di publik yang berujung pada pencopotan Ketua DPR Setya Novanto.

Rizal mempertanyakan kewenangan Sudirman dan menyebut dia keblinger yang berani membuat keputusan perpanjangan kontrak Freeport tanpa persetujuan Presiden.

Ia bahkan menyebut jurus "kepret rajawali" untuk membuat Freeport dan Sudirman tidak memperpanjang kontrak karyanya di Indonesia. Namun, Sudirman menyatakan tidak akan meladeni Rizal atas penyataannya tersebut.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement