Selasa 12 Jan 2016 12:06 WIB

Pembuatan Film 'Engeline' Jangan untuk Kepentingan Bisnis

Saudara sepupu Angeline menunjukkan karya sketsa wajah Angeline di Kampung Sawah, RT 08/04 No.24, Jatimelati, Pondok Melati, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (14/6).
Foto: Antara/Risky Andrianto
Saudara sepupu Angeline menunjukkan karya sketsa wajah Angeline di Kampung Sawah, RT 08/04 No.24, Jatimelati, Pondok Melati, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (14/6).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Arist Merdeka Sirait meminta pembuatan film kisah hidup bocah cantik Engeline (8 tahun) menunggu proses persidangan. Putusan sidang dianggap penting sehingga film yang dibuat tidak hanya cerita fiksi belaka.

"Apabila itu tetap dilakukan kami akan protes keras rumah produksi itu," ujar Arist Merdeka, di Pengadilan Negeri Denpasar, Selasa (12/1).

Baca: Kematian Engeline Dibuat Film, Ini Respons Kak Seto

Pihaknya mendukung kisah Engeline diangkat ke dalam sebuah film layar lebar, namun harus sesuai fakta dan kejadian, karena peristiwa sudah menjadi perhatian publik. Arist meminta para pemilik rumah produksi film tidak mengeksploitasi kasus Engeline hanya untuk keuntungan bisnis.

"Kalau upaya itu dilakukan kami KPAI akan mendukung pembuat film itu untuk membuat film kisah hidup Engeline," ujarnya.

Ia menilai, apabila penggarapan film itu dikerjakan lebih awal oleh salah satu rumah produksi, maka akan dapat menganggu jalannya proses persidangan saat ini. "Ini harus diantisipasi jangan sampai momen tragis terbunuhnya Engeline digunakan orang-orang mengeruk keuntungan dari kasus ini," katanya.

Sebelum, dikabarkan asa dua rumah produksi atau production house (PH) yang ingin mengangkat kisah Engeline menjadi film layar lebar, sehingga menimbulkan kontroversi dan perdebatan. Hal itu dikarenakan kasus pembunuhan Engeline masih dalam proses persidangan dan belum memiliki berkekuatan hukum tetap.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement