Selasa 20 Oct 2015 09:01 WIB
Setahun Jokowi-JK

Wawancara Eksklusif Republika dengan Jokowi

Joko Widodo
Foto:
Joko Widodo

Pak Jokowi kan presiden yang hidup di zaman media sosial. Kita banyak melihat suara-suara pesimistis masyarakat di dunia maya belakangan. Bagaimana Anda menyikapinya?

Ya itu yang harus dibangun optimisme, kerja keras, hal-hal yang produktif. Itu yang sering saya sampaikan revolusi karakter mental ya di situ. Dalam posisi kompetisi antarnegara yang begitu ketat saat ini, kalau adanya hanya rasa pesimistis, saling menghujat, saling melecehkan antarkita sendiri lho, ini kadang saya juga mikir ada sebuah degradasi apa gitu lho.

Mengapa kita tidak bangun optimisme, hal-hal yang produktif, hal-hal yang berkaitan dengan kompetisi antarnegara. Persaingan kita ini bukan antarkota atau provinsi lagi, sudah antarnegara. Kita ini sering lupa di situ, terutama kegaduhan di media sosial. Tidak ada sopan santun. Seperti itu yang kadang-kadang, ya, menyedihkan.

Apakah sikap pesimistis itu termasuk hambatan?

Bukan hambatan, hal seperti itu yang harus kita bangun, rasa optimisme, rasa percaya diri sebagai bangsa yang besar.

Bagaimana cara menumbuhkan optimisme tersebut di masyarakat?

Ya itu sebenarnya tugasnya media. (hahahaha). Mulainya kan dari situ. Kalau medianya masih berita yang jelek itu berita yang baik, berita yang sensasional selalu dimunculkan, ya bagaimana rasa optimisme muncul kalau selalu disuguhi yang tidak baik-baik. Bagaimana orang mau jadi optimistis.

Ya kontrol dari media itu penting, tetapi kan, apa iya, misalnya, rupiah pas Rp 14.800, wah ekonomi ambruk, kita krisis. Ini tidak menyelesaikan masalah, malah nambah masalah. Begitu sekarang turun jadi Rp 13.500, diam semuanya. (hahahaha). Ya tulis dong, kita menuju perbaikan atau bagaimana, supaya menumbuhkan optimisme. Tidak ada yang nulis. Nanti kalau di bawah Rp 13 ribu, enggak ada yang nulis lagi. Lah itu, dimulai dari situ.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement