Kamis 24 Sep 2015 14:22 WIB

Yusril tak Bisa, DDII Undang Hakim MK Khotbah Shalat Idul Adha

Hakim Mahkamah Konstitusi Patrialis Akbar.
Foto: Republika/Wihdan
Hakim Mahkamah Konstitusi Patrialis Akbar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hakim Mahkamah Konstitusi Patrialis Akbar memberikan khutbah pada Shalat Idul Adha 1436 Hijriyah di Masjid Al Furqon Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia (DDII), Jakarta, Kamis (24/9).

Sebagai khatib, dia menyampaikan ceramah bertema 'Meneladani Ibrahim Sebagai Pemimpin yang Ulil Albab'.

Sekretaris Masjid Al Furqan DDII Ahmad Mustofa mengatakan, DDII memilih Patrialis Akbar berdasarkan musyawarah dewan da'wah.

"Tahun ini kami ingin mengusung tema memilih pemimpin yang benar bagi umat, untuk itu Pak Patrialis dirasa mempunyai kapabilitas untuk memberikan khotbah sesuai tema tersebut, karena dia berada di lingkungan itu," kata Ahmad seusai shalat Idul Adha.

Dia mengatakan, sebetulnya DDII tahun ini menginginkan pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra sebagai khatib, namun karena Yusril sudah mengisi acara lain maka mereka memilih Patrialis Akbar. Dia menambahkan DDII selalu menghadirkan tokoh untuk khotbah pada shalat Idul Adha dan Idul Fitri.

Sementara itu, pada Shalat Idul Adha dipimpin oleh Imam Jumroni Ayana. Mengenai jumlah kurban, DDII berhasil menghimpun hewan kurban sebanyak 713 kambing dan 132 sapi melalui lembaga Lazizku. "Daging hewan itu didistribusikan untuk di Sumatera Utara, Papua, Maluku, NTT dan lainnya," kata dia.

Selain itu didistribusikan kepada masyarakat korban bencana alam seperti korban Sinabung, kemudian untuk mualaf dan muslim minoritas seperti di Nias. Kemudian hewan kurban juga diberikan ke masyarakat di daerah pedalaman serta masyarakat di daerah perbatasan, kaum duafa dan yatim.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement