Selasa 15 Sep 2015 09:54 WIB

Wapres Lepas Jenazah Mantan Menkeu Ali Wardhana

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Presiden ketiga RI BJ Habibie (tengah) saat melayat almarhum Menteri Keuangan tahun 1968-1983 Ali Wardhana di rumah duka, Jakarta, Senin (14/9). (Antara/Akbar Nugroho Gumay)
Presiden ketiga RI BJ Habibie (tengah) saat melayat almarhum Menteri Keuangan tahun 1968-1983 Ali Wardhana di rumah duka, Jakarta, Senin (14/9). (Antara/Akbar Nugroho Gumay)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla, Selasa (15/9) melepas jenazah mantan Menteri Keuangan Ali Wardhana dari rumah duka di Jalan Patra Kuningan XV No 6, menuju TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Jenazah Ali Wardhana diberangkatkan dari rumah duka pukul 09.30 WIB dengan diiringi upacara militer dan penghormatan terakhir dari Wapres Kalla dan sejumlah tamu yang hadir. Tampak pula mantan Presiden BJ Habibie dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardjojo yang turut melayat.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo, sebagai perwakilan pemerintah, menerima jezanah dari perwakilan keluarga Wisnuhardjo untuk dimakamkan. Agus pun juga menyampaikan rasa duka citanya terhadap keluarga almarhum.

"Saya Agus Martowardojo selaku Gubernur BI atas nama negara, bangsa dan TNI menerima jenazah almarhum. Selanjutnya jenazah akan saya berangkatkan ke tempat pemakamannya di TPU Tanah Kusir untuk dimakamkan secara militer," kata Agus yang juga sebagai inspektur upacara, Selasa (15/9).

Ali Wardhana meninggal dunia pada usia 87 tahun di Jakarta, Senin (14/9), pada pukul 15.30 WIB karena sakit. Jenazah Ali Wardhana dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Selasa.

Prof Dr Ali Wardhana lahir di Solo, Jawa Tengah pada 6 Mei 1928. Saat pemerintahan Presiden Soeharto, Ali Wardhana menjabat antara lain sebagai Menteri Keuangan periode 1968-1983 dan Menteri Koordinator Ekonomi, Industri, dan Pengawasan Pembangunan periode 1983-1988.Wardhana juga merupakan salah satu anggota utama penasehat perekonomian Soeharto pada masa Orde Baru.

Ali Wardhana menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1958, dan mendapatkan gelar Master of Arts dari University of California Berkeley, Amerika Serikat pada 1961 dan menyelesaikan program doktoral PhD dari universitas yang sama pada 1962.

Selama menjabat sebagai Menteri Keuangan, Ali Wardhana berhasil mengawal perekonomian nasional dengan menurunkan inflasi dari 650 persen menjadi 10 persen dalam tiga tahun masa jabatannya sejak 1968 melalui "balanced budget", yaitu anggaran pemerintah yang berimbang.

Beberapa penghargaan yang pernah diperoleh Ali Wardhana adalah Bintang Mahaputera Adiprana Kelas II (dari Pemerintah RI), Satyalencana Dwidja Sistha (Menteri Pertahanan Kemananan RI), Grootkruis Leopold II (dari Raja Belgia) dan Ali Grootkuis in dew Oranye Nassau (dari Ratu Yuliana, Belanda).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement