Selasa 16 Jun 2015 18:14 WIB

Ahok akan Bangun Jalan Layang untuk Pesepeda

Rep: C11/ Red: Karta Raharja Ucu
Ratusan anggota komunitas sepeda berkumpul untuk memperingati
Foto: Antara
Ratusan anggota komunitas sepeda berkumpul untuk memperingati "Bike To Work Day

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan nantinya akan memberikan kemudahan pagi para pesepeda di Jakarta. Menurutnya, solusi yang dapat ditawarkan yakni dengan membangun jalan layang khusus untuk pesepeda.

"Di beberapa bagian kita juga akan bikin jalan layang sepeda," kata Ahok sapaan akrab Basuki di Jakarta, Selasa (16/6).

Pembuatan jalan layang dibangun karena sudah tidak ada lagi tempat untuk para pesepeda. Sementara untuk pembuatan di jalan biasa akan sulit, sebab untuk trotoar saja dinilai Ahok juga susah dibangun.

"Kita lagi pikirkan desain untuk jalan layang khusus buat sepeda karena nggak mungkin lagi kita bikin di jalan tambah untuk sepeda, buat torotoar aja sudah susah," ujar Ahok.

Selain itu, apabila jalur sepeda tetap dibangun di jalan bersama kendaraan bermotor lainnya, dapat dengan mudah digunakan oleh pengendara sepeda. Basuki optimistis dengan pembangunan jalan layang sepeda, maka tak akan ada lagi kendaraan lain yang masuk.

Ahok mengatakan pesepeda juga akan ditawarkan kemudahan lainnya. Yakni akan disiapkan tempat parkir untuk para pesepeda yang ingin menggunakan bus Transjakarta.

"Kita siapin parkiran di atas yang tinggi pake tangga. Jadi orang motor gak mungkin naik. Tinggal sepeda ditaruh aja, kamu udah punya kartu untuk naik bus, kamu tempelkan kamu bisa cabut itu sepeda," ujar suami Veronica Tan ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement