Kamis 05 Feb 2015 17:40 WIB

RSUD di Sukabumi Siap Tangani Lonjakan Pasien DBD

Rep: Riga Iman/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pasien demam berdarah, ilustrasi
Foto: Republika
Pasien demam berdarah, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI—Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi siap menangani pasien demam berdarah dengue (DBD). Langkah ini menyusul maraknya kasus DBD di tengah tingginya intensitas hujan akhir-akhir ini.

"Pada Januari 2015, ada sebanyak 18 kasus DBD yang ditangani rumah sakit,’’ ujar Kepala Bidang Layanan RSUD Palabuhanratu Ujang Zulkifli kepada wartawan, Kamis (5/2). Jumlah ini meningkat bila dibandingkan dengan Januari 2014 lalu yang hanya sebanyak 15 kasus.

Belasan kasus tersebut kata Zulkifli, sudah ditangani dengan baik oleh tim medis rumah sakit. Ke depan, rumah sakit berharap agar warga yang menderita gejala DBD dapat segera dibawa ke dokter atau rumah sakit untuk memperoleh penanganan dengan cepat.

Zulkifli menuturkan di sepanjang 2014 tercatat sebanyak 164 pasien positif DBD yang dirawat di RSUD Palabuhanratu. Pada tahun tersebut pula tidak ada pasien DBD yang meninggal dunia.

Kepala Seksi Pengedalian Penyakit (Dalkit) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi Rika Mutiara menambahkan, Dinkes secara rutin menjalin koordinasi dengan rumah sakit dan puskesmas. Khususnya, dalam upaya memberikan penanganan medis kepada pasien DBD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement