Rabu 10 Sep 2014 22:09 WIB

Tangerang Akan Miliki Kawasan Wisata Kota Tua

Rep: c81/ Red: Hazliansyah
Sejumlah transportasi becak berderet menunggu penumpang di Jalan Ki Samaun Pasar Lama, Kota Tangerang, Banten, Selasa (9/10).
Foto: Republika/Yasin Habibi
Sejumlah transportasi becak berderet menunggu penumpang di Jalan Ki Samaun Pasar Lama, Kota Tangerang, Banten, Selasa (9/10).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG - Pemerintah Kota Tagerang berencana menata Pasar Lama, Kota Tangerang menjadi kawasan wisata Kota Lama. Pemkot akan mencontoh konsep Kota Tua yang ada di Jakarta Barat.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan penataan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk menghidupkan potensi wisata di Tangerang. 

"Kita akan revitalisasi Pasar Lama, Situ Gedhe dan Situ Cipondoh," ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya sudah mulai melakukan kajian agar nantinya penataan bisa berjalan efektif. 

"Rencananya tahun ini sudah akan dimulai prosesnya," kata Arief saat memantau ruang terbuka hijau kota di wilayah Cikokol, Tangerang, Rabu (10/9).

Keberadaan tempat-tempat wisata di Kota Tangerang nantinya diharapkan menjadi pemacu perkembangan ekonomi kreatif. Mengingat potensi yang dimiliki oleh Kota yang dulu dikenal sebagai Kota Seribu Industri tersebut, seperti Bandara dan Infrastruktur jalan sudah cukup baik.

"Tangerang juga banyak hotel dan banyak turis luar negeri yang transit, jadi potensial jika dijadikan tempat wisata," ungkapnya.

Selain itu, Arief mengatakan, peluang Kota Tangerang untuk menjadi tujuan wisata baru sangat terbuka luas. Mengingat kondisi Puncak atau Bandung yang selama ini menjadi tujuan wisata kondisinya sudah sedemikian padat. 

Oleh sebab itu, Pemkot akan segera mengembangkan pusat-pusat kawasan wisata yang terintegrasi dengan pusat-pusat ekonomi kreatif di Kota Tangerang. 

"Keberadaan kawasan wisata tersebut juga akan membantu pemasaran produk UKM," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement