Rabu 10 Sep 2014 08:42 WIB

Mobil Mewah Menteri tak Sesuai Karakter Jokowi

Rep: mgrol56/ Red: Joko Sadewo
Pengamat politik dari Charta Politika Yunarto Wijaya (tengah).
Foto: Antara
Pengamat politik dari Charta Politika Yunarto Wijaya (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- Meski pengadaan mobil dinas menteri dan pejabat sederajatnya masih menjadi otoritas Kabinet SBY, tapi seharusnya menyesuaikan dengan karakter presiden yang mendatang. Karakter presiden terpilih Jokowi yang sederhana memungkinkan menimbulkan perbincangan di masyarakat.

“Karakter Jokowi sederhana saat menjadi wali kota dan gubernur,” kata pengamat politik, Yunarto Wijaya saat dihubungi Republika Online (ROL), Rabu (10/9).

Baca Juga

Menurut Yunarto, ada dua hal yang harus dilihat saat menilai permasalahan pengadaan mobil menteri Jokowi di masa SBY, yaitu pertama, sudah sesuaikah prosedur lelang yang dilakukan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. Kedua, bagaimana sikap Jokowi memandang hal ini.

Menurut dia, sikap Jokowi yang meminta menteri-menterinya nanti untuk memakai mobil dinas yang ada, dinilai sudah tepat. Karakter Jokowi yang sederhana, harus bisa diikuti oleh menteri-menterinya nanti. Simbolisasi Jokowi yang sederhana harus tetap ada meski dirinya kini menjadi pemimpin negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement