Kamis 17 Jul 2014 11:49 WIB

Sewa mobil di Tobasa Melonjak Jelang Lebaran

Penyewaan mobil (ilustrasi)
Foto: TACI
Penyewaan mobil (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BALIGE -- Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 H, pemesanan mobil sewa di Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara, melonjak cukup tajam, bahkan pada beberapa tempat penyewaan semua armada telah terpesan 100 persen.

"Permintaan mobil rental sudah banyak dilakukan konsumen untuk digunakan saat Lebaran dan menjadi opsi paling banyak diminati masyarakat di daerah ini," kata Koordinator Dongan Tama Rent Car Tobasa, Robintang Sihotang ketika ditemui di Balige, Kamis.

Hal tersebut, kata dia, membuat bisnis rental mobil selalu kebanjiran order, khususnya pada H-7 hingga H+7 Hari Raya Idul Fitri.

Menurutnya, lonjakan omset para pelaku usaha jasa rental mobil di kabupaten yang terletak di pinggir Danau Toba itu cukup menggembirakan, karena mengalami peningkatan 90 hingga 100 persen.

Bahkan, ada sejumlah perusahaan yang omsetnya melonjak tajam hingga 3x lipat dari orderan mobil sewa pada bulan-bulan biasanya.

"Tidak heran jika omset puluhan hingga ratusan juta rupiah, berhasil dikantongi para penyedia jasa tersebut setiap momentum istimewa seperti ini tiba," kata pengusaha yang sudah menggeluti profesi bisnis rental mobil selama hampir lima tahun itu.

Robintang bersama istrinya mendirikan usaha rental mobil Dongan Tama ini sekitar tahun 2009. Meski bisnisnya belum tergolong perusahaan cukup besar, namun ia mengaku telah memiliki jaringan dengan sejumlah pelanggan tetap yang selalu menyewa mobilnya ketika Lebaran.

Pantauan yang dilakukan pada beberapa tempat penyewaan mobil di kabupaten yang terletak di bagian tengah provinsi Sumatera itu, dari total unit mobil yang tersedia hampir 100 persen sudah dipesan calon konsumen dan telah memberikan panjar untuk biaya sewa.

Robintang menjelaskan, sistem penyewaan yang dilakukan di perusahaannya menganut pola bebas, yakni bisa dengan cara lepas kunci maupun menggunakan sopir yang disediakan pihak perusahaan.

"Umumnya mobil yang disewakan adalah jenis Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Toyota Kijang Innova. Kalau Lebaran biasanya pasti semua habis disewa, berapapun armada yang tersedia," ujarnya.

Hal senada dikemukakan pemilik Siahaan Rent Car di Onan Raja Balige, Ridwan, konsumen yang memesan kendaraan untuk disewa meningkat tajam menjelang Lebaran pada tahun ini.

Ia mengaku, sejumlah mobil rental miliknya sudah habis dipesan konsumen jauh hari sejak awal Ramadhan lalu. Sehingga, jika ada pesanan yang datang, mereka tidak berani lagi menjamin ketersediaan mobil.

"Persyaratan untuk menyewa mobil, antara lain menyerahkan fotocopy kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga dan surat izin mengemudi (SIM)," kata Ridwan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement