Ahad 16 Mar 2014 21:05 WIB

Agam Butuhkan Dana Rp140 Miliar Bangun Palembayan

Mata uang Rupiah.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Mata uang Rupiah.

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUKBASUNG -- Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, membutuhkan dana sebesar Rp140 miliar untuk membangun Kecamatan Palembayan.

Bupati Agam Indra Catri, di Lubukbasung, Minggu, mengatakan dana sebesar Rp140 miliar ini digunakan untuk memperbaiki jalan dari Koto Alam menuju Matua dengan panjang sekitar 40 kilometer dan ruas jalan lainnya sekitar Rp75 miliar.

Selain itu, memperbaiki bangunan pemerintahan sekitar Rp45 miliar dan perbaikan irigasi sekitar Rp40 miliar.

"Perbaikan dan pembangunan di Kecamatan Palembayan akan dilakukan secara bertahap," kata dia.

Untuk memperbaiki ini, Pemkab Agam mengusulkan pembangunan melalui Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP), Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP).

Selain itu, menggunakan dana alokasi khusus dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Agam.

"Pada 2013, sekitar Rp20 miliar dana untuk perbaikan jalan, pembangunan fasilitas pemerintahan dan lainnya di Kecamatan Palembayan," kata bupati.

Bupati mengakui, dana APBD Kabupaten Agam untuk fisik pada 2014 hanya sebesar Rp200 miliar. Dana ini akan digunakan untuk 16 kecamatan se-Kabupaten Agam.

Bupati menambahkan, Kecamatan Palembayan memiliki enam nagari dan 28 jorong. Letak kecamatan ini berada pada bagian barat yang berbatasan dengan Kabupaten Pasaman.

Sementara sumber daya alam yang dimiliki Kecamatan Palembayan antara lain kelapa sawit, kelapa, padi, ikan lele dan produk lainnya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement