Ahad 18 Aug 2013 06:14 WIB

Pegunungan Semeru Berpotensi Dipenuhi Sampah

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Didi Purwadi
Gunung Semeru
Foto: Republika/Yasin Habibi
Gunung Semeru

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pelaksanaan upacara HUT kemerdekaan RI 17 Agustus di kawasan Gunung Semeru berpotensi menimbulkan penumpukan sampah. Pascapendakian tersebut, petugas kebersihan yang menyisir jalur, kerap kali menemukan banyak sampah yang tercecer.

Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Nova Elina, mengatakan penumpukan sampah setiap momen pendakian 17 Agustus sudah mendapat antisipasi.

Para pendaki sudah diinstrusikan membawa plastik untuk mengantungi sampah perbekalan selama berada di pegunungan tersebut.

''Setelah itu, kami bersama petugas kebersihan gunung biasanya menyisir jalur lintas pendakian untuk memungut sampah yang tercecer,'' kata Nova, pada Republika Online, Sabtu (17/8).

Dia mengakui volume sampah meningkat dibanding waktu-waktu lain. Saat operasi bersih-bersih tersebut, sampah yang tercecer bisa mencapai satu ton.

Untuk menghidari pencemaran lingkungan semacam itu, Pos Ranu Pane melakukan pengoreksian sampah dimana barang perbekalan yang dianggap akan menjadi sampah harus kembali dibawa turun.

Tercatat 2.509 orang yang mengawali titik pendakian di pos tersebut. Pihaknya sempat memberlakukan penutupan jalur lantaran kuota pendaki yang sudah melampaui batas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement