Jumat 22 Mar 2013 08:42 WIB

Awal 2013, Kasus Keracunan di Sukabumi Marak Terjadi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
Korban keracunan (ilustrasi)
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Korban keracunan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kasus keracunan massal di sepanjang awal 2013 ini marak terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Dari Januari hingga pertengahan Maret ini tercatat sudah tiga kasus keracunan massal yang terjadi di tiga kecamatan berbeda.

Pertama, kasus keracunan makanan yang menimpa sebanyak 359 warga Kecamatan Kabandungan pada Februari. Kedua, kasus keracunan yang dialami 65 warga di Kampung Selagadang RT 07 RW 02 Desa Pangkalan, Kecamatan Cikidang pada 16 Maret lalu.

Terakhir, sebanyak 22 warga Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit mengalami keracunan massal, Kamis (21/3) kemarin. Ketiga kasus keracunan tersebut terjadi ketika warga mendapatkan makanan dalam sebuah acara seperti hajatan, ulang tahun, dan pengajian.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi, Harun Alrasyid kepada wartawan mengatakan, kasus keracunan yang terjadi di Sukabum sudah masuk dalam status kejadian luar biasa (KLB).

Hal ini didasarkan pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 2 Tahun 2013 tentang Kejadian Luar Biasa Keracunan Pangan. Di mana dalam ketentuan tersebut disebutkan status KLB ditetapkan ketika korban keracunan lebih dari dua orang. Sementara korban keracunan di Sukabumi semuanya lebih dari dua orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement