Selasa 14 Feb 2023 13:19 WIB

Puluhan Warga Keracunan Nasi Kotak di Bandung Barat, Satu Meninggal Dunia

Puluhan warga di Bandung Barat alami keracunan setelah menyantap nasi kotak.

Puluhan warga di Bandung Barat alami keracunan setelah menyantap nasi kotak.
Foto: ANTARA/Adiwinata Solihin
Puluhan warga di Bandung Barat alami keracunan setelah menyantap nasi kotak.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Seorang warga dari 83 korban keracunan nasi kotak dalam kegiatan keagamaan di Desa Cilangsari, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, dinyatakan meninggal dunia. Kepala Desa Cilangari, Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat, Sobana mengatakan, seorang warga yang meninggal bernama Rahmat (63) asal RW 11. 

Warga tersebut meninggal pada Senin (13/2/2023) sekitar pukul 22.00 WIB, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cililin. "Korban meninggal sekarang sudah dimakamkan," kata Sobana saat dihubungi di Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/2/2023).

Baca Juga

Dia mengatakan, adapun keracunan itu diduga bermula dari warga yang menyantap nasi kotak saat acara keagamaan pada Sabtu (11/2/2023). Menurut dia, korban sebelumnya sempat menjalani perawatan di Puskesmas Gununghalu. Namun, karena kondisinya semakin parah, korban itu dirujuk ke RSUD Cililin. 

Sebelumnya, Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Mawaddah mengatakan, pihaknya masih menyelidiki secara perinci penyebab puluhan warga itu keracunan. Warga yang keracunan itu mengalami sejumlah gejala, di antaranya mual-mual, pusing, suhu badan meningkat (tinggi), muntah-muntah, hingga diare. 

 

Dia mengatakan, nasi kotak yang dikonsumsi oleh warga itu berisi nasi putih, ayam goreng, tumis bihun, dan sambal goreng kentang. Menurut dia, sampel makanan nasi kotak itu telah dibawa untuk diuji. 

"Kita tidak bisa menduga-duga. Penyebab pastinya menunggu hasil laboratorium keluar," kata Mawaddah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement