Selasa 22 Jan 2013 10:19 WIB

Pelaku Penikaman di Rutan Salemba Sudah Diamankan

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Mansyur Faqih
Pisau untuk menusuk, ilustrasi
Foto: PhotoStack
Pisau untuk menusuk, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polres Jakarta Pusat telah menangani para pelaku penikaman yang terjadi di rumah tahanan (rutan) Salemba. "Sudah kita laporkan dan sudah ditangani polisi," kata Kepala Rutan Salemba, Taufiqurrahman kepada Republika, Selasa (22/1).

Sebelumnya, terjadi keributan antara dua kelompok di rutan Salemba Senin (21/1). Keributan itu terjadi karena adanya penikaman yang dilakukan empat orang dari kelompok John Kei terhadap Badri. Yakni, salah satu narapidana anggota kelompok Arai, kumpulan napi asal Jawa. 

Taufik menjelaskan empat orang penikam Badri telah diamankan pihak kepolisian. Meski senjata tajam yang digunakan oleh empat orang ini untuk menikam Badri belum juga dapat ditemukan petugas. Meski pun begitu, proses di kepolisian tetap berjalan.

Selain itu pihak rutan Salemba juga sudah menyiapkan sanksi disiplin kepada kelompok John Kei. Sanksi ini bisa dalam bentuk pengucilan di dalam sel khusus. Atau pencabutan hak-hak, seperti tidak mendapatkan remisi atau potongan masa tahanan.

Saat ini, lanjut dia, situasi di rutan Salemba sudah kondusif sejak Senin malam. Ruang tahanan kelompok Arai juga sudah dipindahkan lebih jauh. Ini untuk menghindari bentrok susulan atau serangan balasan dari kelompok Arai.

"Yang jelas situasi saat ini sudah kondusif, sudah selesai sejak Senin sore juga," ungkap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement