Selasa 06 Nov 2012 18:46 WIB

Soekarno-Hatta Resmi Jadi Pahlawan Nasional, Besok

Rep: Esthi Maharani/ Red: Dewi Mardiani
 Presiden Soekarno saat pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur 56 Jakarta Pusat.
Foto: Antara/IPPHOS
Presiden Soekarno saat pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur 56 Jakarta Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini, proklamator RI, Soekarno dan Mohammad, Hatta ternyata belum mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.  Baru pada tahun ini, pemerintah akan menyematkan gelar tersebut kepada keduanya.

Pada Selasa, (6/11) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada Mantan Presiden dan Wakil Presiden pertama RI tersebut. Hal ini diungkapkannya dalam rapat terbatas di Bandara Halim Perdanakusumah setelah kunjungan kerja ke Inggris dan Laos.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Djoko Suyanto, mengatakan tahun ini gelar Pahlawan Nasional akan diberikan. "Gelar itu hanya diberikan kepada Mantan Presiden Soekarno dan Mantan Wakil Presiden Mohammad Hatta," katanya saat memberikan keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusumah, Selasa (6/11).

Dia mengatakan keputusan tersebut sudah melalui sidang gelar dan dewan kehormatan. Presiden, kata Djoko, langsung menandatangani keppres penganugerahan gelar tersebut. "Penganugerahan akan segera dilakukan besok pukul 11.00 WIB, di Istana Merdeka," tuturnya.

Namun Djoko tidak menjelaskan alasan-alasan penganugerahan tersebut. "Besok pagi Presiden akan memberikan sambutan khusus mengapa Soekarno dan Hatta layak," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement