Kamis 15 Sep 2011 17:05 WIB

Tenang...Meski Jarang Hujan, Rusa Istana Bogor Tetap 'Sejahtera'

Rep: c24/ Red: Siwi Tri Puji B
Rusa
Foto: Republika
Rusa

REPUBLIKA.CO.ID, OGOR – Intesitas curah hujan yang menurun di Kota Bogor sejak Juli 2011 sampai September 2011, tidak mengganggu pasokan air minum rusa-rusa koleksi Istana Bogor. Hal ini karena pihak Istana Bogor memiliki mekanisme pengelolaan air yang cukup baik. “Jadi meski debit air di Bendung Katulampa menurun, pasokan air minum bagi rusa-rusa tidak terganggu,” demikian disampaikan Staf Protokol Istana Negara, Cecep Koswara, Kamis (15/9).

Bendung Katulampa yang dimaksud Cecep selama in memangi menjadi sumber pasokan air bagi parit-parit Istana Bogor. Parit-parit itu sendiri merupakan tempat bagi rusa mendapatkan minum. Cecep menjelaskan, sejak tahun 2002, pihak Istana Bogor sudah membangun pipa khusus di Bendung Katulampa hingga ke Istana Bogor. Hal ini untuk mengantisipasi resiko kemarau dan terganggunya aliran air karena tersendat oleh sampah yang dibuang masyarakat. “Panjang pipa sejauh 12 kilometer, jadi pasokan air di lingkungan istana bogor dan kebun raya tidak terlalu terpengaruh musim.”

Selain kuantitas air yang masih terjaga, kualitas air yang mengalir di parit-parit Istana Bogor juga sangat baik. Hal ini terbukti dari adanya biota air tawar, seperti remis, yang hidup di sepanjang parit. “Padahal sejak 1980-an remis sudah jarang ditemukan di Kota Bogor,” ujarnya sambil memegang beberapa remis yang ia ambil dari salah satu parit di Istana Bogor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement