Senin 28 Oct 2024 21:51 WIB

Erik Ten Hag Akhirnya Dipecat Manajemen MU, Van Nistelrooy Jadi Pengganti Sementara

Van Nistelrooy jadi favorit sebagai pelatih MU secara permanen.

Erik ten Hag dipecat dari jabatan sebagai pelatih Manchester United,
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Erik ten Hag dipecat dari jabatan sebagai pelatih Manchester United,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebersamaan Erik ten Hag dengan Manchester United (MU) telah berakhir. Manajemen MU memecat pelatih asal Belanda itu setelah kekalahan terakhir mereka pada akhir pekan lalu. MU disikat West Ham United 1-2 di Stadion London, Ahad (27/10/2024).

Setan Merah terpuruk di urutan ke-14 klasemen Liga Primer Inggris dan belum meraih kemenangan di ajang Eropa musim ini. Tak ada tanda-tanda kemajuan dan konsistensi di bawah asuhan Ten Hag.

Baca Juga

Asisten pelatih Ten Hag yang juga mantan penyerang tajam MU Ruud van Nistelrooy akan mengambil alih tugas kepelatihan untuk sementara waktu sementara manajemen mencari pelatih kepala baru. Ini disampaikan manajemen klub pemilik Old Trafford tersebut dalam pernyataan, menyusul keputusan dengan suara bulat untuk mengakhiri masa kepemimpinan Ten Hag setelah 2,5 tahun.

Van Nistelrooy berada di puncak daftar favorit untuk menggantikan Ten Hag secara permanen. Mantan pelatih Barcelona Xavi Hernandez, pelatih Sporting Ruben Amorim, Thomas Frank dari Brentford, mantan bos Chelsea Graham Potter, dan Kieran McKenna dari Ipswich Town masuk dalam daftar.

Diangkat pada April 2022, Ten Hag membawa United meraih dua trofi domestik - Piala Liga pada 2023 dan Piala FA pada 2024.

Namun, pekerjaan pelatih berusia 54 tahun itu menjadi bahan spekulasi hampir sepanjang musim lalu saat MU mengalami finis kedelapan terburuk di Liga Primer. Bukan cuma itu, MU tersingkir pada babak penyisihan grup Liga Champions.

“Saya tidak berpikir siapa pun akan benar-benar terkejut,” kata mantan bek United yang kini menjadi pundit, Gary Neville, kepada Sky Sports.

Awal yang buruk pada musim ini terjadi meskipun MU telah menghabiskan lebih dari 600 juta poundsterling untuk pemain baru sejak Ten Hag mengambil alih menjelang musim 2022/2023.

United hanya memenangkan empat dari 14 pertandingan mereka di semua kompetisi sejauh musim ini berjalan. MU mengalami kekalahan telak 3-0 dari Liverpool dan Tottenham Hotspur di Old Trafford.

Mereka telah meraih 11 poin dari sembilan pertandingan di Liga Primer, yang menurut manajemen klub masih jauh dari target untuk mencapai finis di posisi keempat.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manchester United (@manchesterunited)

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement