Kamis 24 Oct 2024 17:32 WIB

Cerita dari Keluarga Jonathans di Depok dan Harapan Agar Miliano Bela Timnas Indonesia

Republika menemui keluarga Miliano dari warga Jonathans di Depok, Jawa Barat.

Miliano Jonathans berpose saat direkrut klub Belanda Vitesse. Ia mengeklaim sebagai keturunan Depok.
Foto: Vitesse/X
Miliano Jonathans berpose saat direkrut klub Belanda Vitesse. Ia mengeklaim sebagai keturunan Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Rizky Suryarandika, Fitriyanto

Pesepak bola klub asal Belanda, Vitesse Arnhem, Miliano Jonathans belakangan viral usai komentarnya di kolom sebuah akun sepak bola di Instagram, mengaku bahwa dirinya adalah keturunan Indonesia yang berasal dari kawasan Depok, Jawa Barat. Republika pada Kamis (24/10/2024) berkunjung ke kawasan Jalan Pemuda Depok, nama jalan yang disebut oleh Miliano.

Baca Juga

Salah satu kerabat keluarga Miliano dari marga Jonathans, Willy Jonathans mengaku berharap agar keluarga jauhnya itu dapat membela timnas Indonesia. Menurutnya, orang Depok pun akan bangga jika Miliano Jonathans bergabung ke skuad Garuda.

"Jonathans bukan cuma saya saja perasaannya yang berharap (bisa bela Indonesia), dan orang Depok juga berharap Jonathans bisa bela Indonesia," kata Willy Jonathan kepada Republika pada Kamis (24/10/2024).

Willy meyakini kemampuan Miliano dapat menambah daya gedor timnas Indonesia. Willy juga menyebut pilihan untuk menaturalisasi Miliano terbilang tepat. Sebab Miliano memang benar punya darah Indonesia yang mengalir di tubuhnya.

"Bisa untuk tambah kekuatan, dia mah benar kalau mau naturalisasi. Cocok karena memang berdarah Indonesia," ujar Willy.

Willy mengaku sudah berkomunikasi dengan ayah Miliano guna menanyakan keinginan membela timnas Indonesia. Dalam komunikasi itu, Miliano ingin diposisikan sebagai lini tempur di lapangan hijau.

"Sering WA-an (Whatsapp) sama dia dan bapaknya, dan teman-teman saya di Belanda. Dia memang sukanya jadi penyerang," ujar Willy.

Willy menjelaskan, kakek buyut Miliano merupakan kakak-adik dengan orang tuanya, yaitu Henyy Jonathan. Hubungan Miliano dengan keluarganya di Depok pun masih dekat. Keluarga Miliano terakhir mengunjungi Willy pada Juni 2023. Tapi saat itu, Miliano tak ikut karena bentrok dengan jadwal pertandingannya.

"Juni kemarin dua adiknya dan ayah ibunya ke sini, ke Depok, ketemu kami keluarganya," ujar Willy.

Willy juga mengungkapkan, Miliano sudah lama tak pulang ke Depok karena mengejar karier sepakbolanya. Willy mengingat Miliano terakhir ke Depok saat usianya masih sekitar 5 tahun. Saat itu, Willy mengamati Miliano kecil terbilang aktif.

"Terakhir ke sini masih 5 tahunan, masih kecil banget. Kalau dilihat rata-rata anak seumuran itu aktif mainnya," ujar Willy.

 

 

photo
Keluarga Miliano Jonathans, Willy Jonathans saat ditemui di kediamannya di Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat pada Kamis (24/2024). - (Rizky Suryarandika/Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement