Jumat 18 Oct 2024 22:27 WIB

Kapan Proses Naturalisasi Kevin Diks Dimulai? Ini Jawaban Menpora

Shin Tae-yong pun berharap Kevin Diks bisa segera memperkuat timnas Indonesia.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama pemain FC Copenhagen, Kevin Diks Bakarbessy.
Foto: Republika.co.id
Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama pemain FC Copenhagen, Kevin Diks Bakarbessy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengemukakan rencana naturalisasi terhadap pemain FC Copenhagen Kevin Diks akan diproses pada pekan depan. Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun berharap Kevin Diks bisa memperkuat skuad Garuda mulai November 2024.

"Ya, (rencana naturalisasi) Kevin Diks baru kami peroleh suratnya dari PSSI kemarin. Jadi ini akan kami proses minggu depan," kata Dito Ariotedjo kepada awak media di Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Baca Juga

Dito mengatakan, proses naturalisasi akan diproses setelah ada pemerintahan baru (pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakbuming Raka bersama kabinet baru yang akan dilantik pada 20 Oktober 2024) yang mulai bekerja pada pekan depan.

"Pemerintahan baru adanya minggu depan jadi mungkin kita lihat menteri barunya juga, jadi ya ini kan hari terakhir kerja kami," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memberikan isyarat melakukan proses naturalisasi Kevin Diks untuk menambah amunisi baru Timnas Indonesia. Melalui cuitan akun resmi X @erickthohir, Sabtu, Erick mengunggah foto tengah bersalaman dengan Kevin Diks.

"Makan siang sama pemain F.C. Copenhagen yang punya keturunan Indonesia, nggak lupa salaman. Selamat bergabung di Timnas Indonesia, @KevinDiks_," tulis Erick pada cuitan tersebut.

Kevin Diks melalui akun @KevinDiks_ juga turut merespon cuitan dari Erick Thohir dengan memberikan emoticon dua tangan serta bendera Indonesia. Pemain yang kini memegang paspor Belanda tersebut diketahui memiliki darah Indonesia dari ibunya yang berasal dari Ambon yaitu Natasja Dik Bakarbessy.

Kevin Diks diketahui kini bermain untuk klub kasta tertinggi Liga Denmark FC Copenhagen dan tercatat sudah memiliki banyak pengalaman bermain di kompetisi Eropa, termasuk di Liga Champions. Selain itu, pemain yang kini berusia 28 tahun tersebut tercatat pernah membela timnas Belanda di kelompok umur dan terakhir pada kategori U-21.

Kehadiran Kevin Diks ini nantinya diharapkan dapat menambah kekuatan timnas Indonesia yang pada November akan melakoni partai berat pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menghadapi Jepang serta Arab Saudi.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement